Menciptakan Video Kreatif Bersama Pijaru - Kompas.com

Menciptakan Video Kreatif Bersama Pijaru

Kompas.com - 19/12/2016, 08:00 WIB
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana booth Pijaru saat acara Djakarta Warehouse Project 2016 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/12/2016). Pertunjukan yang berlangsung selama dua hari ini dimeriahkan oleh aksi panggung antara lain Alan Walker, Martin Garrix, dan Valentino Khan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Video bukanlah barang baru untuk zaman sekarang, terutama bagi mereka yang gemar berselancar dan mengeksplorasi ragam media sosial di ponsel pintar masing-masing.

Setidaknya hal itulah yang dilihat oleh Pijaru, yang mengajak netizen atau siapa saja untuk berkreasi, menciptakan video-video menarik dan menghibur untuk ditampilkan di media sosial.

"Di Pijaru, kami bikin video, spesialisasinya memang bikin video saja yang di-deliver langsung ke media sosial. Jadi kami cuma main YouTube, Facebook, Instagram, sama Twitter," kata Manajer Pijaru, Jerry Hadiprojo saat berbincang dengan Kompas.com, Minggu (18/12/2016).

Ada sekitar 20 orang di Pijaru yang setiap hari bekerja dengan membuat video menarik di media sosial.

Konten dalam video yang dibuat bermacam-macam, tetapi ada sejumlah kesamaan, yakni harus mengandung fun, entertaining, dan shareable.

"Karena kami bicara soal konten hiburan, jadi memang luaslah ya. Kadang-kadang kami bikin yang lucu-lucu, kadang-kadang kami bikin yang keren-kerenan. Video yang kami bikin harus yang bisa menghiburlah," tutur Jerry.

Jerry menceritakan pengalaman Pijaru menciptakan video pendek dengan durasi dua menit dalam rangka Hari Ulang Tahun DKI Jakarta tahun 2016.

Video berjudul Surat untuk Jakarta itu menceritakan keseharian yang ada di Jakarta, dan dikemas dalam bentuk animasi dua dimensi.

Tidak ada aktor atau tokoh utama dalam video tersebut. Karakter di video itu juga tidak berdialog satu sama lain.

Mereka digambarkan hanya menjalani aktivitas sehari-hari layaknya orang di Jakarta pada umumnya.

"Idenya, kami mau bikin sesuatu yang menggambarkan Jakarta secara rasa. Ceritanya keseharian di Jakarta. Orang-orang yang tinggal di Jakarta rata-rata pernah merasakan seperti itu," ujar Jerry.

Video "Surat untuk Jakarta" sebagai Animasi Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2016. Sebelumnya, video pendek itu juga dinobatkan sebagai yang terbaik dalam ajang HelloFest 2016.

Lewat momen itu, Pijaru semakin gencar mengajak siapa saja untuk berkreasi dan menciptakan video kreatif masing-masing.

Salah satu wujud nyata Pijaru dalam mengkampanyekan pembuatan video adalah saat perhelatan Djakarta Warehouse Project 2016, tanggal 9 dan 10 Desember 2016 lalu di JIExpo Kemayoran.

Di sana, Pijaru menyediakan mobil VW lengkap dengan set layar LED berukuran besar. Di dalam layar tersebut, ada video perjalanan di pantai.

Penonton DWP yang masuk ke mobil VW itu pun seakan sedang menempuh perjalanan berkat bantuan visual dari layar LED di sampingnya.

"Memang untuk menggambarkan bahwa apa yang kami hasilkan adalah video. Itu semacam video, kami ajak orang bikin video di situ. Mobil VW sebagai simbol ayo nikmati perjalanan bersama Pijaru. Let's enjoy the ride with Pijaru," ucap Jerry.

Setiap hari, Pijaru membuat video-video baru yang dapat diakses oleh netizen di YouTube.com/Pijaru atau Facebook.com/Pijaru.

Ke depan, Jerry yakin pembuat video dan konten-konten menarik akan berkembang pesat di media sosial. Terlebih didukung dengan jaringan internet yang semakin hari semakin mumpuni.


EditorKistyarini
Komentar
Close Ads X