Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rogue One" Raih Untung 290,5 Juta Dollar AS

Kompas.com - 21/12/2016, 09:33 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Film Rogue One: A Star Wars Story berhasil meraup keuntungan sebesar 290,5 juta dollar AS (atau kira-kira Rp 3,8 triliun) secara global dalam pemutaran minggu pertamanya, pada akhir minggu yang baru lalu.

Pasar Amerika Utara menyumbang 155 juta dollar AS (kira-kira Rp 2 triliun), kurang lebih setengah dari total penghasilan sementara, menurut analis box office Exhibitor Relations.

Perolehan tersebut telah membuat film yang ditayangkan perdana pada akhir minggu itu menjadi film terlaris kedua pada Desember 2016 dan memegang rekor di Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

Sebelumnya, film Star Wars: The Force Awakens mencatat rekor dengan raihan pendapatan senilai 248 juta dollar AS (kira-kira Rp 3,3 triliun) di Amerika Utara pada debutnya tahun lalu.

Rogue One telah meraup penghasilan sebesar 16,8 juta poundsterling (kira-kira Rp 214 miliar) di box office Inggris, sementara di China dan Korea Selatan pemutaran film tersebut belum dimulai.

Paul Dergarabedian, seorang analis comScore mengatakan, "Film berikutnya dalam kisah Star Wars memiliki potensi untuk meraih predikat sebagai film terlaris sepanjang masa."

Ia berpendapat demikian berdasarkan keberhasilan yang ditoreh oleh film-film Rogue One dan The Force Awakens.

Gelar film terlaris masih dipegang oleh Avatar, yang menghasilkan keuntungan hampir 2,8 miliar dollar AS (kira-kira Rp 375 triliun) pada 2009, diikuti oleh Titanic,  yang mendekati 2,2 miliar dollar AS (kira-kira Rp 295 triliun) pada 1997, lalu The Force Awakens, yang meraih pendapatan kira-kira 2,07 miliar dollar AS (kurang lebih Rp 26 triliun).

Film Rogue One diproduksi oleh Lucasfilm, disutradarai oleh Gareth Edwards dari Inggris, serta dibintangi oleh Felicity Jones, Riz Ahmed, Forest Whitaker, dan Diego Luna.

Rogue One berlatar set sebelum film Star Wars pada 1977 dan menceritakan perjuangan para Rebel Alliance, yang mencoba senjata milik Empire, Death Star.

Film yang disebut merupakan kisah gelap itu disambut dengan baik oleh para kritikus. Peter Bradshaw dari harian The Guardian memberi empat bintang untuk film tersebut.

Lucasfilm dibeli oleh Disney empat tahun yang lalu senilai 4 miliar dollar AS (kira-kira Rp 53 triliun) dan studio itu berencana mengembangkan lebih banyak lagi film bergaya Rogue One.

Mereka sudah mulai melakukan pembuatan film Star Wars tentang masa awal Han Solo, yang diperankan aktor Alden Ehrenreich.

Film berikutnya dalam sekuel trilogi Star Wars, yang dikenal sebagai Episode VIII, dijadwalkan akan dirilis pada Desember 2017.

Film tersebut disutradarai oleh Rian Johnson, yang terkenal dengan garapannya yang berjudul Looper pada 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com