Istri Caisar "YKS" Menderita Penyakit Psoriasis - Kompas.com

Istri Caisar "YKS" Menderita Penyakit Psoriasis

Tri Susanto Setiawan
Kompas.com - 02/02/2017, 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Istri Caisar Putra Aditya, Indadari Mindrayanti, menderita psoriasis. Ia sudah merasakan gejala penyakit tersebut sejak delapan tahun lalu.

"Sudah delapan tahun lalu. Aku ngerasa tuh pas mulai hamil anak pertama," ujar Indadari saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (2/2/2017).

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis. Menurut Indadari, penyakit itu salah satunya akan timbul jika ia mengaruk-garuk kulitnya. Akibatnya timbul bercak-bercak bulat berwarna merah kehitaman pada kulitnya.

"Kayak semacam cacar gitu. Tapi, lama-lama bekasnya akan hilang," kata dia.

Ia tidak mengetahui bagaimana bisa mengidap penyakit tersebut. Indadari mengaku terkejut saat pertama kali tahu ia mengidap penyakit itu.

"Tapi makin ke sini sudah menerima. Ini ujian dari Allah, ya aku jalani. Penyakit ini belum ada obatnya. Ini mudah-mudahan membuat dosa aku makin berkurang," ujar Indadari.

Selama delapan tahun mengidap penyakit itu, Indadari berusaha untuk tidak kesal dan stres berkepanjangan. Itu salah satu cara agar penyakit itu tidak muncul.

"Juga enggak bisa terlalu kena dingin juga dan panas," ujarnya.

Indadari mengatakan, Caisar sudah mengetahui penyakit itu sejak mereka belum menikah. Ia menerima kekurangannya.

Saat ini ia menjalani perawatan dan berkonsultasi dengan seorang dokter di Yogyakarta.

"Karena beliau bercadar dan perempuan, jadi aku lebih nyaman juga," ujar dia.

"Aku menjadi orang beruntung, tapi Allah kasih kesempatan buat saya untuk gugurkan dosa saya. Sekarang sudah enggak sedih lagi, suami juga menerima apa adanya," lanjut dia.

PenulisTri Susanto Setiawan
EditorKistyarini
Komentar