Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rings": Ada Samara di Hapemu

Kompas.com - 19/02/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Reputasi film The Ring sebagai salah satu film horor paling seram menjadi beban berat bagi sekuel-sekuelnya, termasuk Rings yang tayang bulan ini.

Sayangnya, tidak ada yang baru secara signifikan dalam film Rings. Padahal, semestinya sutradara F Javier Gutiérrez dapat belajar dari kesuksesan Ring dan sekuelnya, The Ring Two.

Film ini diproduksi sejak Maret hingga Mei 2015 di Atlanta. Sempat tiga kali mengalami penundaan rilis antara lain untuk menghindari persaingan dengan film sejenis, Ouija: Origin of Evil, yang tayang sejak Oktober 2016.

Langkah ini tidak salah mengingat Ouija terbilang sukses.

Langkah lain untuk mempromosikan film Rings, distributor Paramount Pictures membuat video candaan (prank) yang kemudian diunggah ke media sosial dan diliat lebih dari 200 juta kali.

Video itu berisi suasana toko televisi yang tentu saja memajang puluhan layar televisi.

Ketika calon pembeli melihat-lihat pesawat televisi itu, tiba-tiba muncul sosok mirip Samara dari dalam layar kaca dan menggapai, mencolek, bahkan mencengkeram calon pembeli.

Film Ring dan sekuel-sekuelnya mengedepankan keseraman hantu Sadako, hantu asli Jepang berupa sosok perempuan berambut lurus panjang yang menutupi wajahnya, serta bergaun putih lusuh.

Dalam cerita yang beredar di masyarakat, Sadako tewas lantaran bunuh diri dengan terjun ke dalam sumur.

Makanya, penampakan yang paling tenar adalah saat dia merangkak dari bibir sumur dengan gerakan lambat seperti seekor laba-laba mengintai mangsa.

Sensasi seram berlipat ganda karena adegan itu ditampilkan dalam bentuk potongan video dalam format VHS (video home system) usang.

Hantu itu lantas menyata dan keluar dari layar kaca. Siapa pun yang menonton video ini akhirnya tewas mengenaskan dalam waktu sepekan.

Adalah sutradara Gore Verbinski yang sukses mentransformasikan karakter Sadako menjadi Samara Morgan dalam film The Ring (2002).

The Ring merupakan pencangkokan (remake) dari film Jepang Ringu yang dirilis empat belas tahun sebelumnya. Ringu sendiri diangkat dari cerita novel Ring karya Koji Suzuki.

Hasil kerja Verbinski lewat The Ring sangat menghibur pencinta film horor sehingga penonton membeludak dan film ini meraup pundi-pundi Rp 3,3 triliun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com