Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeruji Ditawari Bikin Album Kaset dan Vinyl untuk Eropa

Kompas.com - 17/05/2017, 12:57 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jeruji, band hardcore punk dari Bandung, mendapat tawaran untuk merilis album kelima mereka, Stay True, dalam kemasan kaset dan piringan hitam atau vinyl untuk pasar Eropa.

Kabar itu disampaikan oleh drummer Jeruji, Sani, dalam konferensi pers kepulangan Jeruji dari European Tour 2017, di Hotel Oria, Jakarta Pusat, pada Senin lalu (15/5/2017).

Baca juga: Album Terbaru Jeruji Terjual Habis di Eropa

"Ada tawaran membuat album versi Eropa berupa vinyl. Rencana itu dari promotor di Budapest (Hongaria), untuk kami rilis album versi kaset di sana. Dia bilang, 'Mau rilis vinyl dan kaset dengan label saya?'," kata Sani.

"Kami nanti tinggal ngirim file-nya, karena ternyata di Eropa marak lagi kaset dan vinyl," katanya lagi.

Sekarang, terang manajer Jeruji, Vincent Rumahloine, mereka sedang memikirkan pengurusan hak cipta untuk album tersebut agar tak bermasalah kelak.

Selain ditawari merilis album, Jeruji juga mendapat tawaran untuk merekam musik mereka di Paris (Perancis).

"Kemungkinan rekaman di sana, mungkin banget. Ada promotor yang sering kolaborasi sama band lain. Dia bilang, kalau mau rekaman, bisa. Kalau kami mau dan ada dananya, mereka sudah siap, tinggal mikirin cost dan teknis. Katanya, 'Bilang aja, kami aturin'," tutur Vincent.

Beberapa pemusik yang mereka temui ketika menggelar tur Eropa pada April 2017 juga tertarik bekerja sama.

"Rencana mau bikin lagu juga, tapi kolaborasi dengan musisi di sana. Terus, ada undangan bermain di festival-festival musik cadas di sana. Ini nge-push kami untuk melakukan hal baru lagi," lanjutnya.

Jeruji telah menggelar tur Eropa pada 8-30 April 2017 di 20 kota di tujuh negara, yaitu Ceko, Slovakia, Polandia, Jerman, Austria, Belgia, Prancis, Belanda, dan Swiss.

Baca juga: Kisah Sukses Tur Eropa Band Jeruji Tahun Ini

Tawaran tur tersebut datang ke Jeruji pada Oktober 2016 dari pihak Enemy Booking, promotor pertunjukan musik metal di Eropa Timur.

Mereka tertarik pada Jeruji sesudah melihat sejumlah video musik Jeruji di YouTube.

Jeruji dibentuk pada akhir 1996. Band tersebut dihuni oleh Ginan (vokal), Andre (gitar), Icad (gitar) Pengex (bas), dan Sani (drum).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com