Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nia Dinata Akan Layar Lebarkan Salah Satu Cerita Sejarah Indonesia

Kompas.com - 14/08/2017, 16:45 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Nia Dinata sedang melakukan riset untuk film sejarah yang akan digarapnya. Nia mengungkapkan bahwa proses riset sudah berjalan 50 persen.

"Proyek yang akan dibuat lagi riset tentang film sejarah," ujar Nia di Ballroom Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/8/2017).

Berbagai data yang dihimpun dari Arsip Nasional RI, data penunjang dari beberapa wilayah yang memiliki hubungan, hingga mewawancarai orang terkait juga sudah dilakukannya.

Terkait sejarah apa yang akan difilmkan, Nia sedikit membocorkannya. Menurut dia, sejarah yang diangkat ke layar lebar nanti adalah tentang founding father Indonesia.

"Film ini akan mengingkatkan masyarakat bahwa founding father kita pemikirannya sangat jauh terbuka. Bhinneka Tunggal Ika. Mereka tidak pentingkan mayoritas, atau minoritas dianggap tidak penting," kata dia.

Apakah ini merupakan film biopic yang mengangkat tokoh tertentu dalam sejarah Indonesia?

"Bukan biopic. Ini sebuah film fiksi yang diinspirasi dari persahabatan founding father kita dari berbagai suku dan agama. Ada yang mewakili agama tertentu, suku tertentu, dari Jawa, Sumatera, Kalimantan. Orang-orang young ini sama sekali tidak mementingkan siapa mayoritas," kata dia.

Nia mengaku belum menentukan siapa penulis skenario yang tepat untuk menangganinya termasuk artis yang akan memerankan karakter dalam film tersebut.

Setelah hasil riset rampung, Nia akan memulai proses shooting pada 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com