Pihak Atalarik Senang Gugatan Hak Asuh Anak Tsania Marwa Ditolak - Kompas.com

Pihak Atalarik Senang Gugatan Hak Asuh Anak Tsania Marwa Ditolak

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 15/08/2017, 20:45 WIB
Atalarik Syah usai menjadi bintang tamu di program bincang-bincang di studio Trans TV, Jakara Selatan, Selasa (18/10/2016).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Atalarik Syah usai menjadi bintang tamu di program bincang-bincang di studio Trans TV, Jakara Selatan, Selasa (18/10/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kuasa hukum artis peran Atalarik Syah, Junaedi, mengaku bersyukur karena majelis hakim menolak gugatan hak asuh anak yang diajukan Tsania Marwa.

Dalam sidang putusan sore tadi (15/8/2017), Tsania dan Atalarik resmi bercerai, namun hak asuh tak diberikan kepada Tsania.

Pasalnya, soal hak asuh anak itu tak ada dalam berkas gugatan awal Tsania. Baru di tengah proses persidangan, Tsania memasukkan gugatan hak asuh anak. Namun, berkasnya dianggap bermasalah.

"Hari ini majelis hakim telah menolaknya (gugatan Tsania tentang hak asuh anak) dan dengan ini kami ucap syukur Alhamdulillah, berarti anak-anak masih dalam pengasuhan Arik," ujar Junaedi usai sidang.

[Baca juga: Ungkapan Kesedihan Tsania Marwa Tak Bisa Beri ASI untuk Anak]

 

Ia mengatakan, pihaknya sudah memerkirakan pernikahan Tsania dan Atalarik pasti diputus cerai. Sebab, Tsania tetap berkukuh untuk berpisah. Namun soal hak asuh anak, ia dan Atalarik tak memprediksi bahwa akan ditolak oleh hakim.

"Itu merupakan salah satu gugatan yang cukup penting. Kami dari awal sudah menyatakan anak itu bukan aset yang harus diperebutkan. Anak itu bukan harta bawaan dan harta gana gini. Makanya kami bertahan tidak mengajukan hak asuh anak," ujarnya.

"Kami hanya ingin supaya anak diasuh bersama di rumah tergugat. Itu sejak awal kami yakinkan kepada majelis hakim. Majelis hakim mendengarkan mungkin, sehingga apa yang diputuskan hari ini alhamdulillah itulah yang terbaik bagi anak. Ini bukan kemenangan Arik tapi kemenangan anak," tambah Junaedi.

[Baca juga: Hakim Tolak Gugatan Hak Asuh Anak Tsania Marwa]

 

Dengan kata lain, apabila Tsania ingin bertemu dan mengasuh anaknya seperti sebelumnya, maka ia bisa langsung datang ke rumah Atalarik.

"Atalarik selama ini kan tidak pernah minta hak asuh anak, karena dia mengetahui tempat terbaik untuk anak adalah di rumah, diasuh kedua orangtuanya. Kalau Marwa ingin mengasuh anak, datang lagi ke rumah, berembuk lagi, diasuh secara bersama. Karena anak bukan aset, mereka punya hak sendiri untuk dapat kasih sayang dari orangtua," ucap Junaedi.

Tsania Marwa dan Atalarik Syah menikah pada 10 Februari 2012 lalu. Namun setelah empat tahun menikah dan dikaruniai dua anak, Tsania Marwa menggugat cerai.

Tsania mendaftarkan gugatan cerai terhadap Atalarik di Pengadilan Agama Cibinong pada 14 Maret 2017. Hingga akhirnya, hari ini Atalarik dan Tsania resmi bercerai.

[Baca juga: Trauma ke Rumah Atalarik Syah, Tsania Marwa Tolak Usulan KPAI]

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorBestari Kumala Dewi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM