Livi Zheng Garap Film Pendek dengan Standar Layar Lebar Hollywood - Kompas.com

Livi Zheng Garap Film Pendek dengan Standar Layar Lebar Hollywood

Andi Muttya Keteng Pangerang
Kompas.com - 13/09/2017, 16:47 WIB
Livi Zheng (paling kanan) dan para aktor senior Indonesia dalam konferensi pers dua film pendek terbaru Livi di Nam Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Livi Zheng (paling kanan) dan para aktor senior Indonesia dalam konferensi pers dua film pendek terbaru Livi di Nam Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara muda Indonesia, Livi Zheng, agaknya tak pernah setengah-setengah dalam berkarya. Ia juga selalu mengutamakan kualitas untuk setiap karya yang dihasilkannya.

Buktinya, meski menggarap film pendek yang hanya berdurasi tiga menit, Livi tetap menggunakan kamera film dengan resolusi 6K. Dua film pendeknya itu berjudul Life is Full of Surprises dan Second Chance.

Kamera 6K tersebut merupakan kamera standar yang dipakai dalam produksi film-film layar lebar Hollywood, seperti Transformers dan Pirates of the Caribbean contohnya.

"Yang paling penting itu equipment yang sesuai standar. Buat saya, film satu menit ataupun layar lebar, standarnya saya samakan. Jadi untuk shooting film pendek ini kami menggunakan 6K supaya hasilnya (memuaskan). Bioskop sekarang masih sekitar 4K," ujar Livi dalam konferensi pers film tersebut di Nam Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Livi juga memboyong sejumlah peralatan produksi film dari Amerika Serikat ke Sukabumi, Jawa Barat yang menjadi lokasi pengambilan gambar dua film pendeknya itu.

[Baca juga: Livi Zheng Kini Lebih Leluasa Bikin Film di Amerika ]

Bukan cuma kamera dan alat lainnya, Livi juga "mengimpor" langsung kru dari Negeri Paman Sam.

"Ada juga beberapa dari Jakarta. Tapi untuk aktornya saya kerja sama dengan yang senior. Karena aktor kan depan layar, jadi saya memilih aktor yang cocok perannya dan sudah banyak pengalaman supaya hasilnya semua maksimal," ujar Livi.

Di sisi lain, kata Livi, dengan menggunakan kamera 6K, film pendek ini akan lebih mudah dikembangkan apabila akan diangkat ke layar lebar.

[Baca juga: Setelah Gamelan Bali, Livi Zheng Angkat Pencak Silat dalam Film]

"Ini film pendek, tapi standarnya udah standar layar lebar. Jadi ketika difilmkan layar lebar bisa langsung dipakai karena udah standarnya. Jadi memang udah siap kalau misalnya nanti jadi layar lebar," katanya.  

Film Life is Full of Surprises yang dimainkan Hengky Solaiman dan Prisia Nasution bercerita tentang kegigihan seorang gadis kecil dalam menjalani hidup setelah ibunya meninggal dunia.

Sedangkan film Second Chance yang dibintangi Anna Tarigan dan Avent Christie mengisahkan tentang suami istri yang mendapatkan musibah besar, namun kemudian diberi kesempatan kedua. Dua film pendek ini dan segera tayang di YouTube.

PenulisAndi Muttya Keteng Pangerang
EditorIrfan Maullana
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM