Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Julie Estelle Ingin Orang Percaya Dia adalah Arni Kumalasari

Kompas.com - 18/09/2017, 20:08 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris Julie Estelle (28) melakukan sejumlah cara agar orang-orang bisa percaya ia adalah Arni Kumalasari, seorang arkeolog berpengalaman.

Arni adalah tokoh yang ia perankan dalam film arahan sutradara Rizal Mantovani berjudul Gerbang Neraka.

"Aku di sini berperan sebagai arkeolog. Maunya orang pada saat nonton percaya 'oh iya bisa nih jadi arkeolog'. Nah untuk itu kan harus punya pengetahuan selain membaca script supaya bisa dipercaya," ujarnya saat berbincang dengan kompas.com di kantor Legacy Pictures di Gedung Inter Asia, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Pertama, Julie melakukan riset pustaka mengenai situs Gunung Padang yang menjadi tema utama film ini, juga tentang arkeologi. Lalu berdiskusi dengan seorang mahasiswa jurusan arkeologi sebuah universitas untuk menambah pemahamannya.

"Kalau untuk arkeolognya, saya banyak nonton dokumenter yang mana di situ banyak interview arkeolog. Saya pelajari pembawaan mereka seperti apa saat di-interview atau saat mengekskavasi. Saya mempelajari dari situ aja sih," kata Julie. 

[Baca juga: Pola Pikir Julie Estelle Berubah dalam Gerbang Neraka]

 

Julie mengungkapkan, ia tak mau sekadar menghapal dialog dan mengucapkannya saat beradegan. Adik presenter Cathy Sharon ini ingin memahami apa yang ia ucapkan supaya ketika berakting sebagai arkeolog, ia benar-benar bisa meyakinkan penonton.

"Lebih banyak baca sih karena arkeologi itu banyak bahasa-bahasa teknisnya dan pada saat scene tertentu di mana saya harus ngucapin, saya harus paham dong apa yang saya omongin. Jadi banyak riset lebih ke hal-hal detail itu," kata Julie.

"Baca di internet selain itu saya banyak nonton dokumenter. Bukan hanya mengenai Gunung Padang, tapi situs-situs purbakala lainnya di dunia untuk punya pemahaman lain aja sih biar makin kaya aja, pengetahuan aku supaya dipercaya," imbuhnya.

Julie juga banyak berdiskusi dengan sang sutradara untuk membangun karakter Arni si arkeolog ini. 

"Pada saat aku menerima peran ini udah tahulah kira-kira apa yang harus saya lakukan. Saya sudah melakukan riset dan saya datang ke mas Rizal gini hasil riset aku. Gimana? Kita buat kayak gini gimana? Dari situ diskusi kami. Enggak terlalu lama sih (riset). Sebulan lah kurang lebih," ucap Julie.

Selain Julie, Gerbang Neraka juga dibintangi oleh aktor Reza Rahadian dan Dwi Sasono. Film bergenre petualangan-supernatural-horor ini mengambil latar belakang kisah misteri situs Gunung Padang di Jawa Barat. 

[Baca juga: Julie Estelle Terima Tugas untuk Menguak Misteri Gunung Padang]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com