Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Aktif Lagi, Dewa Budjana Ikut Hibur Para Pengungsi

Kompas.com - 28/09/2017, 12:18 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gitaris band GIGI, I Dewa Gede Budjana (54), bercerita tentang keikutsertaannya bersama pemusik Indra Lesmana (51) mengunjungi orag-orang yang mengungsi karena Gunung Agung, Bali, aktif lagi.

Kampung halaman Budjana, Klungkung, tak jauh dari Gunung Agung. Hal itu ia ceritakan kepada para wartawan ketika hadir dalam jumpa pers 5UPERGRUP Live in Concert, di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017).

"Kebetulan, saya lagi di Bali dan jalan (bepergian) sama Indra. Dia memang tinggal di Bali. Pas di sana, ternyata lagi waspada Gunung Agung dan rumah saya sebetulnya deket, ya mungkin 20 kilometer dari Gunung Agung lah," tutur Dewa.

"Kami langsung ke posko beberapa hari, nampung sumbangan. Kami berangkat ke posko yang paling deket, hampir sembilan kilometer, di Karang Asem, yang sisi timurnya," sambungnya.

Baca juga: Indra Lesmana Kumpulkan Para Musisi untuk Hibur Pengungsi Gunung Agung

Budjana dan Indra juga menghibur para pengungsi, karena prihatin akan keadaan mereka, terutama anak-anak yang terkejut mengalami kejadian alam itu.

"Oh ya itu (menghibur), spontanitas aja, saya bawa gitar, terus kami nyanyi-nyanyi. Lagu dari saya aja, di sana banyak anak kecil, orangtua banyak yang sakit juga," kisah Budjana.

"Saya justru mau datang ke sana, kasihan lihat anak-anak, harus sekolah, apalagi hari pertama mereka belum bisa main-main, kaget. Tapi, waktu saya ke sana, mereka udah mulai seneng," lanjutnya.

Baca juga: Indra Lesmana Galang Dana dan Hibur Pengungsi Gunung Agung

Dewa Budjana berharap gempa, yang diprediksikan akan terjadi, tidak besar.

"Gabung sama pengungsi-pengungsi, kasihan sih sebetulnya, karena kan belum tahu gempanya kapan. Semua pasti berharap enggak gempa, tapi kan dilihat dari ramalannya udah tinggal nunggu keluarnya aja," ucap Budjana.

"Ya, mudah-mudahan enggak lama sih, artinya kalau gempa pun enggak keras, (kalau besar) recovery juga terlalu lama takutnya," ucapnya pula.

Baca juga: Indra Lesmana Ceritakan Kondisi Bali Saat Gunung Agung Berstatus Awas

Budjana juga memuji kesigapan pemerintah daerah setempat yang bergerak cepat mengimbau para warga untuk mengungsi.

"Udah cukup bagus, kok, pemerintah daerah sudah sangat siap dan semuanya jauh lebih siap daripada dulu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com