Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vina Panduwinata Bulatkan Tekad Berhenti Merokok

Kompas.com - 03/10/2017, 18:15 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Vina Panduwinata memutuskan untuk berhenti merokok sejak dua bulan lalu, yakni sekitar awal Agustus 2017.

Vina memutuskan berhenti merokok setelah merasakan dampak kurang baik terhadap pernapasan dan suaranya.

"Jadi makin lemas. Kayaknya penyakit pada keluar. Berhenti tuh karena tiba-tiba (penyakit) pada keluar," ujar Vina saat dijumpai di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017).

"Dokter mengatakan sudah ke alergi, kalau sudah alergi sudah enggak ngapa-ngapain jadi harus ditangani," jawab dia ketika ditanyai penyebab penyakit pernapasannya.

Ina mengaku sudah 40 tahun mengisap tembakau. Dia kali pertama mengenal rokok pada usia 17 tahun. Kini Ina membulatkan tekad untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini.

"Aku juga dikasih tahu sama kakak yang berhenti merokok, 'hati-hati ya bengeknya keluar, flu, sakit kepala, keluar'. Bismillah deh aku masih mampu. Tapi memang benar jadi gampang capek," kata dia.

"Tapi enggak apa-apa paling itu cuma 2,5 tahun dan mama Ina sudah dua bulan beres semuanya," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com