Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virgoun Persembahkan "Surat Cinta untuk Starla"

Kompas.com - 20/10/2017, 11:47 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses dengan singel "Surat Cinta untuk Starla", penyanyi Virgoun Teguh Putra Tambunan merilis album berjudul sama.

Album itu berisi 10 track yang terdiri dari lagu-lagu solo Virgoun dan lagunya bersama bandnya, Last Child.

Menurut Virgoun, ada perbedaan musik dan cara dia menyanyi pada album solonya dibanding ketika dia bersama Last Child dan saat bersolo karir.

"Gue lebih lembut aja nyampainnya, karena kalau di Last Child kan benar-benar yang high octane, emosinya nyampek," kata Virgoun pada peluncuran album Surat Cinta untuk Starla di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017).

"Di sini gue pengin lebih nyampein sesuatu yang lebih intim. Enggak perlu teriak-teriak, tapi lebih ke person to person, pelan-pelan biar masuk ke hati orang," lanjut penyanyi berusia 31 tahun.

Nuansa yang disajikan juga berbeda. Virgoun tampil lebih akustik pada single solonya.

"Beda. Di sini benar-benar tidak ada distorsi, nuansanya benar-benar akustik, adem, banyak stringnya. Cara nyanyi gua pun kebanyakan husky. Gue adaptasi se-humanise mungkin supaya mereka yang enggak punya bakat nyanyi suara tinggi bisa lebih mudah," ujarnya.

"Memang buat gue penyampaian musiknya melankolis, pelan, biar orang bisa menerima kata per kata," imbuhnya.

[Baca juga: Dari Surat Cinta untuk Starla, Virgoun Beri Bukti kepada Istri ]

Selain lagu, album Surat Cinta untuk Starla ini juga berisi puisi. Ada pula lagu baru karya Virgoun bertajuk "Bukti" yang diciptakan khusus oleh Virgoun untuk sang istri, Inara.

"Ya jadi sebenarnya lucu-lucuan gue di rumah aja. Karena kemarin lagu untuk Starla viral, terus tiba-tiba bini gue, 'kok aku nggak dibikinin lagu?'. Gue bilang, 'kamu royaltinya aja'. Cuman akhirnya gue ngerasa dia benar-benar hijrah, berhijab, banyak ngaji makanya gue tulis," katanya.

"Di situ dia bentuk terindah dari Tuhan karena dia adalah orang yang selalu ngingetin gue salat, puas, sedekah, benar-benar malaikat yang dikasih Tuhan untuk ngingetin gue. Itu sih meaningnya," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com