Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Akta Cerai Mendiang Julia Perez dan Gaston Castano

Kompas.com - 26/12/2017, 14:48 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kuasa hukum mendiang Julia Perez (Jupe), Minola Sebayang, mengaku belum tahu apakah akta cerai kliennya yang sudah disahkan Mei 2016 lalu telah diurus atau belum.

Perihal akta cerai Jupe tersebut muncul ke permukaan saat mantan suaminya, Gaston Castano, tiba-tiba menanyakannya pada Minola.

"Saya enggak tahu apakah sudah selesai diurus atau belum," kata Minola saat dihubungi via telepon, Selasa (26/12/2017).

Berdasarkan aturan hukum, lanjutnya, setelah putusan dari pengadilan sudah berkekuatan hukum tetap (incracht) hanya perlu waktu sepekan atau maksimal 14 hari untuk penerbitan akta cerai.

[Baca juga : Gaston Catano Tiba-tiba Tanyakan Akta Cerai kepada Pihak Mendiang Jupe ]

Namun, untuk memegang akta cerai, pihak penggugat maupun tergugat harus mengurus sendiri menggunakan surat pengantar dari pengadilan.

"Nah Jupe sendiri pada waktu itu, begitu sudah incracht, ketika mau masuk ke proses pengurusan akta perceraian itu, dia minta agar yang melakukan (mengurus/mengambil akta cerai di PN) adalah orangnya dia, dari manajemen dia," ujar Minola.

Maka, Minola kemudian menyerahkan seluruh dokumen perceraian Jupe, khususnya surat pemberitahuan incracht untuk terbitnya akta perceraian, kepada manajemen kliennya.

"Nah sejak itu, ya kami kan tetap pantau tuh, 'gimana udah diurus belum?'. Mereka bilang 'udah dalam proses, Bang. Kami udah minta tolong orang untuk mengurus'," ujar Minola.

Karena merasa sudah tertangani, ia pun tak lagi mengecek soal pengurusan akta cerai itu. Terlebih Jupe kemudian harus dirawat di rumah sakit selama berbulan-bulan karena kanker serviks. Hingga pada pertengahan 2017, Jupe meninggal dunia.

"Jadi saya juga enggak lagi menanyakan tentang akta cerai itu. Kalaupun besuk Jupe di RSCM, saya bicara hal lain.Tapi kalau menurut pembicaraan terakhir dengan mereka pada waktu itu, mereka bilang sudah ada yang bantu urusin," kata Minola.

[Baca juga : Gaston Castano Akhirnya Berziarah ke Makam Julia Perez]

Dihubungi terpisah, Nia Anggia, adik mendiang Julia Perez, mengaku tak tahu-menahu perihal akta cerai tersebut apakah sudah diurus atau tidak.

"Aku nggak tahu kalau berkas cerainya sudah rampung. Kan dari dia nikah saja keluarga enggak tahu. Nikahnya kan di Australia, sekarang cerainya kaminya juga enggak paham," ujar Nia saat dihubungi via telepon.

Ia juga menampik dugaan bahwa ibunya Sri Wulansih beberapa hari lalu mengurus akta cerai Jupe dan Gaston di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sebab, beredar foto yang memperlihatkan Sri Wulansih menyambangi PN Jakarta Selatan di media sosial.

"Bukan, ada surat surat lain. Bukan pernikahan, enggak. Masa mama ngurusin surat pernikahan orang," kata Nia lagi.

[Baca juga : Gaston Castano Terpukul atas Meninggalnya Julia Perez]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com