Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Ingin Menikah Lagi, Gaston Castano Tak Perlu Akta Cerai

Kompas.com - 26/12/2017, 15:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Beberapa hari lalu, pemain sepakbola Gaston Castano, menanyakan perihal akta cerainya pada kuasa hukum mantan istrinya Julia Perez (Jupe), Minola Sebayang.

Dihubungi via telepon, Selasa (26/12/2017), kuasa hukum Jupe, Minola Sebayang, menegaskan bahwa merujuk pada aturan hukum, Gaston sebenarnya tak lagi memerlukan akta cerai tersebut.

"Akta perceraian itu kan tujuannya untuk membuktikan ikatan suami istri udah berakhir. Putusnya perkawinan itu ada dua sebab, karena perceraian atau karena kematian," kata Minola.

[Baca juga : Gaston Catano Tiba-tiba Tanyakan Akta Cerai kepada Pihak Mendiang Jupe ]

"Jadi enggak ngerti dia posisinya apa nih, kalau kondisi Jupe sekarang yang sudah meninggal dunia, sebenarnya orang juga pada tahu kalau dia sudah duda. Entah karena akibat perceraian itu sendiri atau kah karena kematian. Pasti dong udah putus dong perkawinannya (otomatis), Jupe kan sudah enggak ada," sambungnya.

Minola mengaku tak tahu alasan Gaston menanyakan akta cerai tersebut. Jika pun untuk tujuan menikah lagi, lanjutnya, Gaston sebenarnya tak membutuhkan akta tersebut.

"Jadi kalau misalnya dibutuhkan untuk syarat untuk pernikahan ya sebenarnya enggak perlu lagi, karena dia sudah duda statusnya. Enggak perlu lah kan udah meninggal kan (Jupe). Kalau pun belum ada akta atau belum incracth, harus sudah dianggap berakhir (pernikahan) karena sudah meninggal istrinya," ujar Minola.

Sepengetahuannya, seseorang umumnya memerlukan akta cerai untuk urusan menikah lagi sebagai "legal standing" atau kepastian hukum bahwa orang itu sudah janda atau duda.

Namun, Minola juga tak menutup kemungkinan Gaston memerlukannya untuk urusan lain.

"Dia enggak terus terang juga sama saya dia butuh sertifikat atau akta cerai itu untuk apa. Apa mungkin diperlukan untuk laporan di kedutaan dia atau apa saya enggak tahu, saya tidak ngerti," ujarnya.

[Baca juga : Teka-teki Akta Cerai Mendiang Julia Perez dan Gaston Castano ]

Minola menambahkan, jika Gaston betul-betul memerlukan akta itu untuk keperluan penting, seharusnya ia mengurusnya sendiri ke PN Jakarta Selatan dan catatan sipil.

"Mengurus sendiri bisa, bertanya ke kami juga bisa. Makanya saya bilang coba cek ke pengadilan, nomor perkaranya kami bisa kasih. Atau koordinasi lah dengan keluarga Jupe," ujar Minola.

"Pengantar dari pengadilan untuk mengurus akta perceraian itu kan masing-masing untuk istri dan suami. Jadi sebenarnya kalau misalnya Gaston ke pengadilan atau apa, mungkin dia bisa minta pengantar juga. Saya sebagai kuasa hukum Jupe kan tidak mungkin untuk mengurus atau mengambil akta cerai Gaston," sambungnya.

[Baca juga : Gaston Castano Terpukul atas Meninggalnya Julia Perez]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com