Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panggung Terakhir Yon Koeswoyo

Kompas.com - 06/01/2018, 12:31 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu bahwa dua pekan sebelum mengembuskan napas terakhir pada Jumat (5/1/2018), Yon Koeswoyo menyempatkan manggung di luar kota.

David Koeswoyo, putra kedua vokalis band Koes Plus itu, mengungkapkan hal tersebut usai pemakaman Yon di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018).

"Semangatnya luar biasa, saya salut. Saya belum cerita ya. Jadi show dia terakhir di kota Kediri Desember tanggal 20 atau 21 apa ya, saya lupa," katanya.

Padahal, sehari sebelumnya kaki Yon bengkak. Tahu ayahnya sakit, David bersama sepupunya mencoba membujuk Yon agar membatalkan penampilannya di sana dan dirawat.

Baca juga : Yon Koeswoyo Beri Isyarat kepada Putranya lewat Lemari 4 Pintu

"Enggak mau dia, subuh dia tetap jalan. Berangkat dia, nyanyi di sana," ujar David.

Benar saja, baru membawakan lima lagu, kondisi Yon sudah tampak tak kuat menahan sakit. Padahal, biasanya sekali manggung ia mampu membabat habis 10 hingga 15 lagu.

"Kakak saya laporan, Papa ini lima lagu langsung kelihatan drop. Akhirnya distop, padahal biasanya dia nyanyi 10 - 15 lagu. Waktu di Kediri itu dia udah enggak kuat. Pulang dari Kediri, drop lagi dan masuk rumah sakit," ucap David.

Yon Koeswoyo meninggal dunia Jumat (5/1/2018) pagi di kediamannya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 77 tahun karena penyakit komplikasi diabetes dan paru-paru.

Baca juga : Yon Koeswoyo Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Tonny Koeswoyo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com