Yon Koeswoyo Beri Isyarat kepada Putranya lewat Lemari 4 Pintu

Kompas.com - 06/01/2018, 12:23 WIB
Pemakaman Yon Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGPemakaman Yon Koeswoyo di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Putra kedua mendiang vokalis Koes Plus Yon Koeswoyo, David Koeswoyo, mengungkapkan bahwa ayahnya pernah memberi tanda akan berpulang.

"Awalnya ada sebuah tanda untuk saya. Dia minta lemari empat pintu. Harus saya yang buat di rumahnya dia," kata David setelah pemakaman Yon di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018).

Saat diminta itu, David merasa aneh, apalagi ia diminta cepat-cepat membuat lemari. Yon beralasan pakaiannya semakin banyak dan lemarinya yang sekarang sudah tak cukup lagi.

David kemudian mencoba menawarkan kepada ayahnya agar beli saja lemari empat pintu supaya lebih praktis. Namun, hal itu ditolak Yon.

"Saya udah ngerasa kok aneh ya. Tumben ya. Saya bilang, 'Pa kenapa enggak beli baru aja kalau lemarinya sempit?'. 'Enggak, enggak mau. Lu bikin aja, kapan mau bikin? Besok ya'. 'Wah besok? Januari ya. Saya mau liburan, Pa'," kata David.

Baca juga: Pemakaman Yon Koeswoyo Ditunda atas Permintaan David

"Papa bilang, 'Oh iya, jangan lama-lama ya. Soalnya baju gue udah banyak nih. Udah sempit lemarinya, butuh lemari besar. Kalau tiga pintu kurang, empat pintu'. Itu udah kerasa, udah mulai aneh," sambungnya.

Saat David akan berangkat liburan ke Raja Ampat, Papua, akhir Desember 2017, Yon berpesan agar David tak lama-lama berlibur. Bahkan, Yon mengeluh karena David dan keluarganya akan berada di sana selama 10 hari.

"Kata Papa, 'Berapa hari kamu?'. '10 hari'. 'Kok lama banget?'. Seumur-umur Papa saya enggak pernah perhatiannya sebesar itu ke saya. Bahkan sampai ke Raja Ampat pun, waktu video call dia bertanya, 'Lu kapan pulang, Vid?'. 'Hari Sabtu' Kok lama sekali? Jangan lama-lama'. 'Emang mau ngapain?'. 'Kita makan di restoran'," kata David.

Baca juga: Yon Koeswoyo Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Tonny Koeswoyo

"Bingung saya. Saya bilang, 'Kan ada Mas Gerry'. 'Enggak, Papa nunggu kamu. Makanya jangan lama-lama ya nanti kalau udah sampai Jakarta langsung ke rumah Papa ya, kita makan di restoran'," sambungnya.

David tak menyangka itu adalah pembicaraan terakhirnya dengan sang ayah. Ketika itu, David dan Yon berbincang via telepon video pada Kamis (4/1/2018) pukul 15.30 WIT. Kemudian, keesokan harinya sekitar pukul 09.00 WIT, David mendapat kabar bahwa ayahnya meninggal dunia.

"Sudah pasti saya shocked sampai enggak bisa ngomong apa-apa," kata David dengan mata berkaca-kaca.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X