Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yon Koeswoyo Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Tonny Koeswoyo

Kompas.com - 06/01/2018, 10:52 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jenazah Koesjono Koeswoyo atau Yon dimakamkan satu liang lahat dengan kakaknya, Tonny Koeswoyo, yang meninggal pada Maret 1987 silam.

"Iya (satu liang lahat). Keinginan keluarga dan Papa," ucap anak kedua Yon, David Koeswoyo, usai pemakaman ayahnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (6/1/2018).

Ia mengatakan, sang ayah dan mendiang pamannya Tonny sangat dekat. Menurut David, Tonny adalah panutan Yon, terutama dalam hal bermusik.

"Papa pernah bilang 'Om mu Tonny, leader yang luar biasa karena dia bisa nge-direct adik-adiknya dari tidak bisa apa-apa dalam bermusik sampai akhirnya mampu. Bisa buat lagu, buat musik, bernyanyi dengan benar, itu karena Om mu'," kata David.

[Baca juga : Yon Koeswoyo Bawa Mati Cintanya ]

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu sebelum ajal menjemput, ayahnya pernah berpesan agar dimakamkan di TPU tempat peristirahatan terakhir keluarga mereka.

"Sempat ngobrol-ngobrol: 'Gimana Pa, kalau dimakamin ke Sandiego Hill (TPU elit)?' dia bilang, 'enggak mau, sendirian dong'. Saya bercandain: 'Kan bagus, Pa. Kan banyak temennya, Pa?' dia tetap enggak mau: 'Kan gue enggak kenal'," ujar David.

"Karena Tanah Kusir ini banyak keluarga. Pokoknya Papa nggak mau jauh dari keluarga besar. Di sini ada Opa, Mama Papanya Papa, Om Tonny, beberapa keponakan juga, pokoknya semua kumpul di sini," sambungnya.

Yon Koeswoyo meninggal dunia Jumat (5/1/2018) pagi di kediamannya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 77 tahun karena penyakit komplikasi diabetes dan paru-paru.

[Baca juga : Sejumlah Musikus Antar Yon Koeswoyo ke Peristirahatan Terakhir]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com