Marvel Tak Jera Rekrut Ilustrator Indonesia

Kompas.com - 12/01/2018, 16:41 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -- Marvel Comics tak kapok atau berhenti merekrut ilustrator dari Indonesia setelah terjadi kontroversi yang ditimbulkan seorang komikus asal Indonesia beberapa waktu lalu.

"Itu tidak mengubah opini Marvel terhadap orang-orang berbakat baik itu dari negara lain atau bahkan Indonesia. Jadi, kami tetap membuka lowongan bagi semua orang," kata Editor in Chief Marvel Comics, CB Cebulski, di sela acara Marvel Creative Day Out di Universitas Binus, Jakarta Barat, Jumat (12/1/2018).

Ia menyayangkan apa yang terjadi pada komikus tersebut. Namun, Cebulski menegaskan bahwa satu seniman tidak berarti merefleksikan satu negara, hanya karena sang seniman berasal dari situ.

"Itu hanya sebuah aksi individu yang dia lakukan, yang dia pilih, dan dia tahu konsekuensinya," kata Cebulski.

Baca juga : Marvel Comics Buka Pintu Lebar untuk Ilustrator Indonesia

Menurut dia, Marvel sejak awal sudah selektif dalam perekrutan ilustrator atau komikus. Namun, yang menjadi kriteria utama adalah kemampuan dan pribadinya, bukan latar belakangnya.

"Marvel selalu sangat selektif sejak awal ketika akan memperkerjakan seorang seniman, baik dari segi kemampuan atau pun etos kerjanya," kata Cebulski.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.