Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joshua Suherman Sulit Berbahasa Jawa dalam Film

Kompas.com - 29/01/2018, 11:05 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman, mengaku sulit berbahasa Jawa dalam film terbarunya, Yowis Ben.

"Beberapa bulan sebelum shooting, membiasakan diri ngobrol full bahasa Jawa sama keluarga, teman-teman. Jadi ya biar lidahnya terbiasa," katanya dalam wawancara di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Hal itu terbilang mengherankan karena selama ini Joshua yang berasal dari Surabaya, berbicara dengan logat Jawa yang kental. Namun, ia punya penjelasan tentang itu.

"Medoknya sih enggak ilang. Cuman berbahasa Jawa yang beneran bahasa Jawa itu yang susah. Eggak sih (karena besar di Jakarta), cuma emang (bahasa Jawa) jarang dipakai kan jadi harus dibiasain lagi," katanya.

Sampai di lokasi shooting pun, Joshua terus mengasah kemampuan berbahasa Jawanya agar tak terdengar kaku.

Diketahui, film Yowis Ben berlatar belakang Malang, Jawa Timur, dan hampir seluruhdialognya menggunakan bahasa lokal.

"Iya, membiasakan diri dengan kosa kata kosa kata yang enggak pernah dipake di Jakarta sih. Sebulan sih untuk ngelancarinnya," ucap Joshua.

Film arahan sutradara Fajar Nugros dan artis komedi Bayu Skak ini mengangkat kisah remaja SMA yang membentuk sebuah band bernama Yowis Band.

Baca juga : Yowis Ben Jawab Mimpi Joshua Suherman yang Gagal

Bayi Skak sebagai pemain utama, berperan sebagai Bayu dan Joshua memainkan karakter Doni. Dua sahabat itu bersama kawan mereka yang lain, Yayan (Tutus Thomson) dan Nando (Brandon Salim), tergabung dal satu band.

Baca juga : Joshua Suherman: Pancasila Bukan Sekadar untuk Dihafal

Yowis Ben yang juga menghadirkan Cut Mariska dan Devina Aureel ini akan tayang di bioskop Tanah Air mulai 22 Februari 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com