Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prinsip Rossa Tiap Kali Bernyanyi

Kompas.com - 07/02/2018, 12:50 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Penyanyi Rossa memiliki satu prinsip tiap kali menyanyikan sebuah lagu. Pelantun "Tegar" ini selalu berusaha bernyanyi dengan mudah.

"Buat aku sebetulnya lagu itu enggak boleh susah gitu ya. Setidaknya, kedengarannya jangan susah gitu," kata Rossa di Karno's Studio, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Selasa (6/2/2018).

Rossa mengatakan lagu sebaiknya mudah dinyanyikan karena bakal banyak orang ingin ikut menyanyi pada konsernya. Bisa juga ada orang yang ingin membawakannya di panggung musik.

"Supaya orang bisa gampang nyanyiinnya, meskipun nanti nyanyiinnya mirip ataupun enggak, ya enggak tahu," kata Rossa.

"Paling enggak kalau buat karokean itu gampang," ucap Rossa.

Ia menambahkan bahwa yang terpenting itu, selain teknik vokal, adalah rasa lagunya tersampaikan kepada pendengar musik. Bagaimana seorang penyanyi menjiwai lagu agar orang-orang tanpa sadar ikut terbawa suasana gembira atau sedih sesuai isi lagu.

Baca juga : Rian DMASIV: Galaunya Dapat kalau Rossa yang Nyanyi

"Sebetulnya penyanyi sama pemain film itu kan mirip ya. Kalau pemain film itu menjiwai skenarionya, menjiwai karakternya, kalau penyanyi menjiwai tema lagunya, dan bagaimana dia bisa memasukkan jiwa ke dalam lagu itu," kata Rossa.

Baca juga : Rossa Cetak Sejarah untuk DMASIV

"Terus terang enggak semua lagu sih aku pernah ngalamin itu, tapi bagaimana cara aku mendalami peran dalam lagu itu, itu yang paling utama gitu. Jadi ketika kita sudah berhasil memasukkan jiwa ke dalam lagu itu, lagu itu bakal dirasain sama semua orang. Langsung tembus ke hati," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com