Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Masuk Universitas, Jung Yonghwa CNBLUE Akan Diadili

Kompas.com - 03/03/2018, 10:28 WIB
Rizky Chandra Septania,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber yonhapnews

KOMPAS.com - Vokalis grup band Korea Selatan CNBLUE, Jung Yonghwa, akan menghadapi pengadilan dalam kasus dugaan masuk Universitas Kyunghee secara ilegal.

Januari lalu, Yonghwa dikabarkan terdaftar menjadi salah satu mahasiswa pascasarjana di jurusan seni ilmu terapan. Status tersebut didapatkannya dengan cara curang.

Ia tidak pernah menghadiri seleksi wawancara seperti prosedur seleksi pada umumnya. Namun, Yonghwa tetap diterima di universitas dengan nilai tertinggi.

Melihat kejanggalan tersebut, kepolisian memeriksa sejumlah akademisi universitas yang terlibat dan seorang staf dari FNC Entertaiment.

Dari pemeriksaan tersebut, polisi menemukan lima orang lain yang terlibat pada tindakan ilegal penerimaan Yonghwa di universitas.

Salah satunya adalah staff sekolah, Profesor Cho Kyuman yang juga merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu terkenal.

Berdasarkan dugaan pihak kepolisian, Yonghwa sengaja melakukan kecurangan tersebut lantaran ingin menunda wajib militer. Sebab, waktu Jonghwa mendaftarkan diri ke universitas berdekatan dengan pengumuman penundaan wajib militernya.

Namun dugaan tersebut dibantah oleh Yonghwa. Menurut vokalis berusia 29 tahun ini, ia menjadi mahasiswa pascasarjana lantaran ingin mendapatkan gelarnya akademis di bidang musik.

Hingga saat ini, polisi belum menemukan bukti adanya penyogokan terhadap kasus tersebut. Namun tindakan Yonghwa menempuh studinya memang termasuk tindakan ilegal.

Januari lalu, Jonghwa sempat menjadi buah bibir lantaran diterima sebagai mahasiswa pascasarjana jurusan ilmu terpan. Namun saat diusut, ia mendapatkannya dengan cara ilegal.

Sadar jika perilakunya mengundang kontrovesi, Yonghwa kemudian meminta maaf melalui sebuah surat terbuka yang diunggah di akun Instagram-nya pada Februari lalu.

Tidak hanya itu, Yonghwa kemudian mundur dari posisinya sebagai pembawa acara di sebuah siaran televisi. Pihak agensi juga membatalkan semua konser yang rencananya akan digelar ke sejumlah tempat lantaran kasus ini.

Baca juga : Jung Yonghwa CNBLUE Jalani Wajib Militer Mulai 5 Maret

"Kami sedih mengetahui bahwa apa yang dilakukan ternyata menyimpang. Di pengadilan, kami akan menjelaskan beberapa bagian yang menyimpang dengan lebih rinci," ujar perwakilan agensi YongHwa, FNC Entertaiment dikutip dari Yonhap News Sabtu (3/3/2018).

Yonghwa dijadwalkan mengikuti wajib militer mulai tanggal 3 Maret ini. Ia akan ditempatkan di Hwacheon, Provinsi Gangwon. Mulai hari senin, Yonghwa bakal mengikuti pelatihan dasar militer selama lima minggu sebelum menjadi tentara aktif.

Di Korea Selatan, setiap pria yang memiliki fisik sehat harus menjalani wajib militer selama dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com