Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yong Hwa CNBLUE Rilis Pernyataan Terkait Kasus Universitas Kyunghee

Kompas.com - 03/03/2018, 13:20 WIB
Rizky Chandra Septania,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber soompi.com

KOMPAS.com - Personel CNBLUE, Jung Yong Hwa merilis pernyataan pribadi melalui akun Instagramnya, terkait kasus penerimaan beasiswa di Universitas Kyunghee, yang kini tengah dilimpahkan ke kantor kejaaksaan.

"Alasan saya tetap diam dan tak bicara soal kasus ini karena kasus ini sedang dalam proses investigasi, dan rasanya tidaklah tepat jika saya bicara dalam kondisi seperti itu. Seperti permohonan maaf saya sebelumnya, saya masih merenungkan kesalahan saya karena saya merasa bertanggungjawab jika memang benar ada peraturan yang telah dilanggar," tulisnya.

Melalui pernyataan tersebut Yong Hwa juga menjelaskann, bahwa terjadi banyak kesalahpahaman dalam kasus ini. Kasus ini berkaitan dengan proses penerimaan di Universitas Kyunghee untuk program doktor di bidang seni terapan.

Pada dasarnya, Ia mengklaim tidak mengetahui jika prosedur penerimaannya di Universitas Kyunghee dari jalur khusus adalah tindakan ilegal.

"Yang saya tahu adalah, bahwa wawancara untuk program doktor di sekolah pascasarjana untuk seni dilakukan berdasarkan kebijakan para profesor dengan mempertimbangkan pengalaman dan bakat pemohon melalui penyampaian materi, seperti portfolio," tulisnya dalam postingan Instagram seperti dikutip dari Soompi Sabtu, (3/3/2018).

[Baca juga : Yong Hwa CNBLUE Gugup Saat Ditantang Menari untuk Singel Terbarunya]

Secara rinci, vokalis berusia 29 tahun ini juga menjelaskan, bahwa sebelum memasuki program pascasarjana, ia telah bertemu dengan profesor di sebuah studio rekaman.

Yong Hwa memainkan lagu-lagu yang sedang dikerjakannya dan lagu-lagu yang telah dirilis. Bukan hanya itu, Yong Hwa juga menceritakan rencana kariernya di masa depan.

"Namun, saya tak memeriksa tata cara mendaftar, karena saya pikir bahwa wawancara dilakukan atas kebijakan profesor. Saya menyadari bahwa ini adalah kesalahan saya."

Yong Hwa juga menyatakan bahwa keputusannya untuk melanjutkan pendidikan akademis, bukan dilakukan untuk menghindari wajib militer yang harus dipenuhinya 3 Mei mendatang.

Jung Hwa menegaskan, jika keinginannya menempuh pendidikan pascasarjana dilakukan lantaran dirinya memang ingin mendapatkan gelar akademis di bidangnya.

"Saya tidak melarikan diri. Sebagai warga Korea, tugas saya adalah melayani negara sepenuhnya, seperti yang dilakukan orang lain. Saya pun telah sering membahas ini di berbagai wawancara," tambahnya.

"saya mendaftar program doktor karena ingin memepelajari musik jazz lebih dalam dan meningkatkan keahlian saya sebagai praktisi musik. Saya ingin belajar lebih banyak, sebagai penyanyi yang juga penulis lagu."

Yong Hwa juga menuliskan bahwa hingga saat ini, ia masih merenungkan perbuatannya. Bahkan Yong Hwa bersedia memenuhi semua proses hukum yang diberikan. Meski secara tersirat, ia tidak mengaku menanggung semua kesalahan.

"Tidak ada yang patut disalahkan dalam kejadian ini. Namun, saya akan mempermudah penyelidikan dan melakukan yang terbaik untuk menebus kesalahan," tutupnya

 

 

????? ??????. ???? ??? ?? ????? ??? ????????. ?? ??? ?? ?? ??? ???? ??? ?? ? ?? ?? ?? ???, ?? ?? ??? ?? ?? ?? ??? ????? ?? ?? ??? ???? ?????. ??? ?? ????? ???? ??? ????? ??? ??? ?? ??? ??? ??? ?? ???? ??? ? ???? ???? ??? ?? ??????. ???, ? ??? ?? ?? ??? ??? ?? ??? ???? ??? ??? ????. ?? ??? ??? ?????? ??? (????) ???? ??? ??? ?????. ????? ?? ???? ??? ??????? ???? ???? ????? ?? ?? ?????? ???? ? ? ?? ??? ??? ??? ??? ?? ???? ??? ?? ??? ?? ?????. ?? ???? ???? ?? ????? ???? ?? ?? ???? ?? ??? ???? ??? ?????, ?? ?? ?? ?? ??? ??????. ??? ??? ???? ??? ? ?? ???? ???? ????? ??? ??? ?? ?? ?? ?? ???? ??? ?? ????. ??, ?? ??? ??? ???? ???? ????? ????? ????? ? ?? ???? ??? ?? ??? ????. ?? ??? ???? ???? ????? ? ???? ??? ??? ??? ??????? ???? ??? ???? ? ?? ???? ????? ???? ??? ???? ?????. ?? ??? ??? ???? ??????? ? ??? ????????, ????? ??? ?? ?? ??? ?????. ?? ?? ??? ???? ??? ???? ????? ??? ??? ?? ???? ?? ??? ? ??? ?? ???? ??? ?? ????. ???, ?? ??? ????? ??? ??? ????. ?? ??? ???? ?? ????. ??? ??? ??? ?? ???? ? ?? ????. ??? ???? ??? ????, ?? ????? ????? ??? ??? ??? ???? ??? ?? ??? ????. ?? ??? ?? ???? ?? ?? ??? ?? ??? ??? ???? ???????. ??, ? ?? ??? ????, ??? ???? ??? ?? ???, ?? ?? ??? ??? ??? ?????? ????, ?? ???? ??? ??? ?? ??? ?? ??? ??? ? ? ??? ???? ????. ??? ?? ?? ??? ?? ?? ??????? ????? ??? ??? ????. ??? ?? ?? ???? ??? ?? ???, ?? ??? ?? ??? ??? ??? ????? ?? ?????. ?? ? ? ??? ??? ????. ????? ??? ?? ??? ??? ????? ???? ??? ?? ??? ??? ??????.

A post shared by ??? (@jyheffect0622) on Mar 1, 2018 at 9:17pm PST

[Baca juga : Terlalu Asyik Menyanyi, Yong Hwa CNBLUE Jatuh di Panggung]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com