Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Lancar Kuliah di Luar Negeri ala Tasya Kamila

Kompas.com - 04/06/2018, 16:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tasya Kamila yang baru saja meraih gelar Master of Public Administration berbagi kiat agar lancar berkuliah di luar negeri. Tasya sebelumnya diketahui menempuh pendidikan S2 di Columbia University, New York, AS.

"Yang penting enjoy aja selama kuliah, jangan sampai dibawa stres," kata mantan penyanyi cilik itu saat ditemui di Studio TransTV, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018).

Tasya mengatakan, banyak temannya di sana yang terlalu memikirkan hal-hal kecil yang belum tentu terjadi. Entah itu soal tugas, ujian, atau persaingan nilai dengan mahasiswa lain. Sehingga pada akhirnya mereka tertekan sendiri.

"Banyak temanku yang (kuliahnya) dibawa stres jadi depresi, jadi enggak bagus juga kan," ucap Tasya.

Tasya yang dikenal namanya berkat lagu "Anak Gembala" punya cara untuk mengurangi beban pikiran karena tugas yang banyak, yakni dengan bersosialisasi. Satu hal lagi, meski banyak tugas kuliah, lanjut Tasya, jangan sampai lupa luangkan waktu untuk istirahat.

Baca juga: Lulus S2, Tasya Kamila Tak Mau Bahas soal Menikah

"If you want to talk to someone, talk to someone. Dibuat balance aja, dinikmati aja. Tetap bersosialisasi dan beristirahat," ujarnya.

Tasya mengatakan, memang tak mudah pada awalnya ketika menjalani kuliah di negeri orang yang berbeda budaya. Namun, dengan pikiran yang santai, dia akhirnya bisa mengikuti ritme perkuliahan di sana dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

"Steping out of convert zone, keluar dari zona nyaman kita. Aku juga pertama kalinya tinggal di luar negeri dan pertama kalinya sekolah di luar negeri," katanya.

"Terus skolah di salah satu sekolah bergengsi yang mahasiswa-mahasiswanya pinter dan mereka tuh ambisius banget, standarnya tinggi. Tapi di situ challenge-nya, bagaimana kita bisa beradaptasi dan mengetahui seberapa jauh sih limit kita," ucap Tasya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com