Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Berubah dari Iqbaal Ramadhan setelah Lulus SMA di AS

Kompas.com - 01/07/2018, 11:49 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Artis peran Iqbaal Ramadhan mengaku mengalami beberapa perubahan setelah menyelesaikan pendidikan di United World Colleges (UWC), sebuah lembaga pendidikan setara SMA di New Mexico di Amerika Serikat.

"Apa yang berubah dari saya. Sekolah di luar negeri buat saya jadi lebih mandiri," kata Iqbaal saat ditemui usai mengisi acara Ruang Guru Fest di Grand Metropolitan Mall, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/6/208) malam.

"Saya jadi lebih tahu susahnya hidup sendiri di negara orang dan saya lebih menghargai hal-hal kecil di hidup saya," ujarnya lagi.

Pemain film Dilan 1990 ini juga mengaku pikirannya tentang segala sesuatu menjadi lebih terbuka. Tiap kali ada isu atau kabar simpang siur, Iqbaal selalu berusaha melihatnya dari dua sisi.

"Semua selalu jadi abu-abu buat saya. Jadi enggak termakan hoaks, saya jadi punya pandangan yang lebih luas," kata Iqbaal.

Saat bersekolah di UWC, ia bertemu dengan anak-anak dari berbagai belahan dunia. Bergaul dan bertukar pikiran dengan mereka pun membuatnya bisa lebih toleran dalan memandang sesuatu.

"Bertemu dengan anak-anak dari seluruh negara mereka mengampaikan pendapat tentang hal hal yang mungkin tadinya saya anggap salah di Indonesia, ternyata oh iya bener juga ya," ucapnya.

"Jadi cara saya melihat dunia, cara saya menanggapi masalah, bersikap, bertindak, berpikir, itu sih yang berbeda," tambah Iqbaal.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan: Kalian Bacanya 10 Potret Kemesraan Iqbaal dengan Cewek Bule

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com