Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iqbaal Ramadhan Bayar Utang kepada Indonesia lewat Pendidikan

Kompas.com - 24/06/2018, 23:46 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dan artis peran Iqbaal Ramadhan (18) merasa berutang kepada Indonesia selepas lulus sekolah dari United World Colleges (UWC) di Montezuma, New Mexico, AS.

"Gue baru lulus dari sekolah di Amerika Serikat. Jadi, gue merasa kayak punya utang sama pendidikan di Indonesia dan untuk anak anak di Indonesia," ujar Iqbaal dalam wawancara di Epicentrum Walk XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (24/6/2018).

Iqbaal merasa bahwa membayar utang dengan berkontribusi bagi dunia pendidikan merupakan cara yang tepat. Iqbaal menjadi pengajar dalam metode bimbingan belajar aplikasi Ruangguru.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Tantang Para Penggemarnya untuk Ikuti Jejaknya

Menurut Iqbaal Ramadhan, meski sistem pendidikan di Indonesia saat ini sudah mulai membaik, ia ingin anak-anak Indonesia mendapat pendidikan dengan kualitas yang lebih baik dan merata.

"Di mana pun anak-anak dilahirkan, mau di kota kecil atau kota besar, atau pelosok, harusnya mereka punya kualitas pendidikan yang sama. Gue di sana (selama sekolah di AS) kayak punya utang rasanya," ujar pemeran Dilan dalam film Dilan 1990 ini.

"Akhirnya, gue join sama Ruangguru. Semoga gue bisa menyebarkan virus #BelajarItuKeren dan segala macam," sambungnya.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Masih Rahasiakan Nama Kampus Pilihannya

Dalam metode belajar aplikasi itu, Iqbaal Ramadhan memilih untuk menjadi guru pelajaran bahasa Inggris. Iqbaal memilih pelajaran tersebut karena ia menyukai pelajaran itu selama bersekolah.

Karier Iqbaal Ramadhan dalam industri musik Tanah Air melejit ketika bergabung dengan boyband Coboy Junior, yang kemudian berganti nama menjadi CJR. Selain menjalani karier musik, ia juga menaruh perhatian besar pada bidang pendidikan.

Baca juga: Cara Unik Iqbaal Ramadhan Puaskan Penggemar

Iqbaal baru saja lulus sekolah dari United World Colleges (UWC), Montezuma, New Mexico, AS. Ia bersekolah di sana dengan mendapatkan beasiswa.

UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com