Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anang Hermansyah Tergelitik jika Dunia Artis Disebut Tidak Menjanjikan

Kompas.com - 14/07/2018, 19:32 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Artis musik Anang Hermansyah tergelitik dengan pendapat beberapa artis yang menganggap jika dunia artis sudah tidak menjanjikan lagi.

"Saya tergelitik (ada yang menyebut) dunia keartisan tidak menjanjikan katanya," ucap Anang di kawasan Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, Sabtu (14/7/2018).

Anang berujar, bukan dunia artisnya yang sudah tidak menjanjikan, melainkan persaingan yang semakin ketat. Mereka yang berkomentar demikian, menurut Anang, tidak fokus pada pengembangan kariernya sehingga berujung hijrah ke profesi lain.

"Kenapa jadinya banting setir? Kasarnya begitu ya. Saya bilang kalau kita tahu diri, kita lahir dari dunia artis, sebetulnya ini adalah pengembangan jangan salah," ujar Anang.

Baca juga: Anang Hermansyah Putuskan Tak Maju di Pileg 2019

Anang berujar, seorang artis yang dikategorikan sebagai pekerja profesi, haruslah mengembangkan kemampuannya agar terus bersaing. Semua profesi lainnya juga melakukan hal yang sama.

"Yang juga menarik bahwa saya garis bawahin, bisnis musik yang kita jalanin, kita juga lagi mengalami gerakan yang tidak main-main. Musik Indonesia adalah hal yang paling buruk dalam perjalanan industri," ujar Anang.

Berdasarkan pengalaman Anang sebagai anggota DPR RI di Komisi X yang membidangi kesenian, kondisi buruknya industri musik saat ini menjadi tantangan lain yang harus dihadapi seorang artis.

"Kita harus jualan ke mana? Kita susah. Pembajakan juga masih banyak, royalti Indonesia masih kecil dibandingkan Malaysia, kita masih jauh," ujarnya.

Padahal, kata Anang, jika seorang pekerja seni mau bersungguh-sungguh berusaha dan didukung pemerintah, maka mereka akan merasa tercukupi dengan profesinya itu tanpa harus banting setir.

"Dunia keartisan Indonesia dengan jumlah penduduk 253 juta orang itu memiliki kesempatan yang jauh lebih besar dari negara Asia yang lain," kata Anang.

Baca juga: Keluarga Minta Anang Hermansyah Tidak Lagi Mencalonkan Diri sebagai Anggota DPR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com