Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Premier Si Doel di Belanda Diserbu 1.800 Penonton

Kompas.com - 24/07/2018, 15:40 WIB
Bestari Kumala Dewi,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Kerumunan orang terlihat di depan bioskop Pathe Tuchinski, Amsteram, Belanda, menjelang pemutaran perdana film "Si Doel the Movie", Senin (23/7/2018) malam waktu setempat.

Bukan hanya para penggemar "Si Doel" yang tinggal di Amsterdam, banyak yang datang dari kota lain di luar Amsterdam, bahkan dari luar Belanda.

Sebagian besar mengaku mengikuti cerita "Si Doel" sejak sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" yang diputar di salah satu stasiun televisi sejak 1993.

Mereka pun rela datang dan mengantre berjam-jam sebelum bioskop dibuka, demi melihat para idolanya dalam "Si Doel the Movie".

Salah satunya, ibu Diana Rambitan yang rela izin tak masuk kerja.

Baca juga: Si Doel the Movie Akan Tayang Perdana di Bioskop Bersejarah di Belanda

"Saya sengaja izin enggak masuk kerja demi lihat Si Doel. Saya datang dari Rotterdam tadi naik kereta," ujarnya.

Menurut dia, meski sudah 14 tahun berlalu dari sinetron terakhirnya, kisah Si Doel masih sangat melekat di hati.

"Memori tentang Si Doel tuh nempel banget, karena kan cerita mereka klasik banget ya.  Rindu sekali sama Si Doel, saya ngikutin semua serialnya "Si Doel Anak Sekolahan" dari A sampai Z," kata wanita yang sudah 18 tahun tinggal di Belanda ini.

Baca juga: Banyak Permintaan, Si Doel The Movie Diputar Perdana di Belanda

Ada juga Jacqueline da Costa yang merasa sangat bangga melihat film Indonesia diputar perdana di Belanda.

"Kaget banget waktu dengar kabar Si Doel the Movie akan diputar di bioskop Pathe Tuchinski. Ini kan bioskop bergengsi di Belanda," ungkapnya.

"Saya memang penggemar berat Si Doel, bahkan waktu mereka shooting Maret lalu, saya sempat mengejar ke lokasi shooting, tapi tidak ketemu," imbuhnya.

Baca juga: Band Armada Tak Sia-siakan Kesempatan Isi Soundtrack Si Doel The Movie

Diungkapkan Rano Karno, pemeran Si Doel dan sutradara Si Doel the Movie, jumlah penonton yang ingin menyaksikan penayangan perdana Si Doel the Movie di Belanda membeludak.

"Waktu tiba di Belanda, dapat kabar jumlah penonton dari 750 jadi 1.800 orang. Kemarin sudah diusahakan menambah gedung, tapi tidak bisa," ujar Rano.

Hal itu juga yang membuatnya memutuskan menggelar meet and greet sebelum gala premiere Si Doel the Movie.

Tentu saja acara tersebut disambut antusias oleh para penonton.  Melihat para pemain Si Doel the Movie datang menyapa mereka, para penonton pun saling bersahut-sahutan meneriakkan nama idolanya.

Baca juga: Cerita Kocak Mandra Shooting Si Doel di Belanda yang Bikin Ketawa

Yang menarik mereka meneriakan nama-nama karakter dalam cerita Si Doel, bukan nama asli pemainnya.

Suasana bahagia bercampur haru pun kian terasa melihat antusiasme para penonton di Belanda yang begitu besar. Betapa kisah Si Doel sangat melekat di hati para penontonnya. Bahkan, setelah belasan tahun berlalu.

Kompas TV Masih ingat dengan pemeran Atun dan Mandra di film Si Doel Anak Sekolahan? Nah, keduanya bakalan kembali menghiasi layar bioskop lho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com