Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joko Anwar Anggap Mendiang Tino Saroengallo sebagai Guru Besar Perfilman Indonesia

Kompas.com - 27/07/2018, 13:43 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Joko Anwar mengatakan bahwa mendiang aktor dan produser senior Tino Saroengallo layaknya seorang guru besar bagi sineas Tanah Air.

Tino meninggal dunia pada usia 60 tahun, Jumat (27/7/2018), karena kanker kandung kemih.

"Bisa dibilang Bang Tino itu Guru Besar Perfilman Indonesia sekarang," kata Joko kepada Kompas.com saat dihubungi melalui telepon, Jumat siang.

Menurut Joko, banyak pelaku industri film yang berguru pada Tino. Memulai kariernya di dunia televisi, Tino dikenal banyak berkecimpung dalam produksi film baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Aktor dan Sutradara Senior Tino Saroengallo Meninggal Dunia

Di antaranya Victory (1995), Pasir Berbisik (2001), Ca Bau Kan (2002), The Fall (2006), Eat Pray Love (2010), dan Sang Penari (2011).

Tino semasa hidup juga pernah terlibat sebagai pemain dal film Petualangan Sherina (2000), Arisan (2003), Pintu Terlarang (2009), dan Night Bus (2016).

"Bang Tino itu guru semua orang. Banyak banget orang film Indonesia yang belajarnya dari Bang Tino. Dia banyak ngajari kita, ngajari produksi yang baik gimana," ujar Joko.

Ia pun teringat satu pesan yang pernah disampaikan mendiang Tino kepadanya dulu.

"Dia pernah bilang ke saya kalau bikin film yang jujur. Dan benar, bikin film ya harus jujur karena ingin mengatakan sesuatu (lewat film), bukan karena gaya-gayaan atau karena uang. Itu yang saya ingat," ujar Joko.

Saat ini jenazah Tino disemayamkan di rumah duka di Komplek Bintaro Paradis Nomor 6, Jalan Bintaro Puspita Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Rencananya Tino akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir setelah ashar.

Baca juga: Joko Anwar Gantikan Hanung Bramantyo sebagai Sutradara Gundala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com