Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upi: Saya Pengin Indonesia Kaya akan Penulis Cerita Film

Kompas.com - 27/07/2018, 18:14 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara dan penulis naskah Upi berkeinginan untuk melahirkan penulis-penulis baru dengan membuat sebuah manajemen penulisan.

Hal itu dikatakan Upi dalam jumpa pers dan screening film Kafir di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

"Saya tuh emang lagi bikin management penulisan karena saya pengin Indonesia kaya sama penulis cerita film," kata Upi.

Upi menilai banyak penulis-penulis baru yang kurang mendapat kepercayaan dari produser. Karena itu dia mulai mengumpulkan para penulis tersebut untuk dilatih dalam manajemen yang baru berjalan satu tahun itu.

Baca juga: Upi: Film Kafir Sangat Berbeda dengan Pengabdi Setan

"Kita banyak punya orang berbakat tapi mereka enggak punya link, dan produser itu enggak berani pakai penulis baru. Makanya saya ibaratnya latih mereka dan masuk dalam tim saya," ucap Upi.

"Baru setahun. Akhir tahun kemarin. Mereka kasih contoh tulisan, pernah nulis apa. Lalu saya kumpulin karena saya tahu potensi mereka seperti apa," sambungnya.

Tak hanya dilatih, Upi juga langsung menggandeng mereka untuk terlibat dalam proyek baru yang akan dia kerjakan. Seperti yang dia lakukan dalaam film terbarunya bertajuk Kafir.

"Jadi setiap ada project dari produser, saya duduk bareng sama penulis yang saya tunjuk, lalu ngobrolin konsep, dia bikin alur dulu, kita bahas lagi, sampai akhirnya saya bilang oke saya suruh bikin draft satu," tutur Upi.

"Saat ketemu produser saya yang maju dan produser percaya karena ada sayanya. Kayak kemarin pas nulis #TemanTapiMenikah saya kolaborasi sama penulis saya ini. Kedua ada Kafir dan ketiga lagi mau shooting," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com