Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Si Doel The Movie, Netizen Kenang Keluarga Si Doel

Kompas.com - 02/08/2018, 13:17 WIB
Andika Aditia,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepopuleran sinetron legendaris "Si Doel Anak Sekolahan" tak kunjung redup. Meskipun sudah 12 tahun berlalu sejak episode terakhirnya namun masih banyak masyarakat yang punya memori kuat dari tiap jalan cerita sinetron tersebut.

Salah satunya adalah Nuran Wibisono. Lewat akun Twitter-nya @nuranwibisono, ia berceloteh panjang dan detail silsilah keluarga Si Doel yang memainkan peran di "Si Doel Anak Sekolahan" lengkap dengan karakter dan kutipan dari masing-masing tokoh tersebut.

Dia menceritakan bagaimana kisah hidup Mandra yang selalu apes dan tak pernah beruntung. Diusir dari rumah oleh Kong Ali (Pak Tile), dimusuhi Babe Sabeni (Benyamin Sueb), bahkan sampai ditinggal nikah oleh kekasihnya Munaroh (Maryati).

Berikut cerita Nuran tentang karakter-karakter di "Si Doel":

1. Mandra (Mandra)

Artis peran Mandra dalam gala premiere film Si Doel The Movie di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Mandra dalam gala premiere film Si Doel The Movie di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018).
Mandra dianggap sebagai karakter terbaik kedua setelah Sabeni (diperankan Benyamin Sueb). Mandra adalah orang yang selalu sial di tiap perannya, namun ia adalah orang yang santai dan tak mau memikirkan masalah hidup dengan serius. Logat Betawi Ora yang khas membuat ia diingat dengan ucapannya yang asal, dan sering menceletuk.

2. Kong Ali (Pak Tile)
Nama lengkapnya adalah Muhammad Toyib, nama panggilannya Kong Ali. Merupakan tokoh tertua di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Kong Ali dikenal sebagai tuan tanah dari Condet, yang terkenal genit.

3. Lela (Aminah Cendrakasih)
Lela adalah ibu dari Doel dan Atun, Karyo (Basuki) biasa memanggilnya Mak Nyak. Namanya lengkapnya adalah Nurlaela, ia merupakan anak pertama dari empat bersaudara dan Mandra merupakan adiknya paling bungsu.

Baca juga: Karena Kesehatan Aminah Cendrakasih, Shooting Enyak Didahulukan

4. Sabeni (Benyamin Sueb)
Sabeni digambarkan sebagai pria konservatif. Sederhana, jujur, dan apa adanya adalah kepribadian Babe Sabeni yang paling menonojol. Ia pernah suatu kali ketahuan genit kepada penumpang opletnya oleh Lela yang merupakan istrinya.

Baca juga: Mandra Menangis Teringat Mendiang Benyamin Sueb

5. Doel (Rano Karno)

Rano Karno bersama Mandra, Maudy Koesnaedi, Suti Karno dan pemain si Doel the Movie berziarah ke makam Benyamin Suaeb di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2018).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Rano Karno bersama Mandra, Maudy Koesnaedi, Suti Karno dan pemain si Doel the Movie berziarah ke makam Benyamin Suaeb di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2018).
Doel adalah karakter utama di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan". Dikenal sebagai sosok protagonis, Doel sangat memegang prinsipnya, yakni jujur, baik, dan penurut. Ragu-ragu, sering tak enak, dan sabar adalah sifat Doel.

6. Atun (Suti Karno)
Ia merupakan adik dari Doel. Punya karakter yang riang dan tomboi. Atun sendiri tak betah bersekolah dan akhirnya memilih untuk kursus rias agar bisa membuka salon.

Baca juga: Hingga Kini Suti Karno Masih Dipanggil Atun

7. Karyo (Basuki)
Karyo adalah perantau dari Jawa Tengah yang mengontrak rumah milik Babe Sabeni. Karyo digambarkan sebagai orang yang culas, suka memperalat Mandra, sok tahu, serta cemburuan, namun kadang ia bisa bersikap dewasa ketika berbicara dengan mantan mertuanya.

8. Sarah (Cornelia Agatha)
Sarah adalah mahasiswa Antropologi yang akhirnya terlibat asmara dengan Doel. Sarah adalah sosok yang tegas dan pemberani.

Baca juga: Teringat Almarhum Mas Karyo Membuat Cornelia Agatha Sedih

9. Zaenab (Maudy Koesnaedi)

Para pemain Si Doel The Movie bersama Frederica, produser Falcon Pictures saat acara gala Premiere Si Doel The Movie di Pathe Tuchinski, Amsterdam (23/7 /2018) - (Kasiman, Maudy Koesnaedi, Frederica, Rano Karno, Cornelia Agatha, Suti Karno, Mandra,  Adam Jagwani)KOMPAS.com/BESTARI KUMALA DEWI Para pemain Si Doel The Movie bersama Frederica, produser Falcon Pictures saat acara gala Premiere Si Doel The Movie di Pathe Tuchinski, Amsterdam (23/7 /2018) - (Kasiman, Maudy Koesnaedi, Frederica, Rano Karno, Cornelia Agatha, Suti Karno, Mandra, Adam Jagwani)
Ia adalah teman masa kecil Doel, yang akhirnya juga terlibat asmara dengan Doel. Zaenab merupakan sosok yang pasif dan pasrah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com