Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magang di YG Entertainment, Penyanyi Bernard Dinata Saksikan Kerja Keras Artis Korea

Kompas.com - 31/08/2018, 08:58 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak hal yang Bernard Dinata dapatkan selama tiga bulan magang di salah satu agensi top Korea Selatan, YG Entertainment. Salah satu ilmu yang penyanyi berusia 22 tahun itu "curi" adalah tentang kerja keras.

"Saya belajar tentang seberapa besar kerja keras harus kita lakukan jika kita ingin mencapai sukses seperti artis Korea," kata Bernard ketika berkunjung ke redaksi Kompas.com, Palmerah Selatan,Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018).

"Mereka sukses bukan cuma karena faktor keberuntungan, namun mereka benar-benar bekerja sangat keras. YG salah satu dari tiga agensi top di Korea, jadi bener-bener berkah banget. Intinya tentang kerja keras," tambahnya.

Sebagai informasi, YG Entertainment menaungi artis K-pop seperti BIGBANG, BLACKPINK, WINNER, dan iKON.

Bernard menurutkan, ternyata bukan cuma para artis di bawah naungan agensi itu yang  bekerja keras, tetapi juga tim di belakang mereka.

"Mereka yang mendorong dan melakukan marketing buat artis. Tim mereka juga sangat kuat," ucap mahasiswa Berklee College of Music itu.

Selama ini, Bernard sebenarnya sudah banyak mendengar tentang "kerja keras" pelaku seni di industri hiburan Korea Selatan. Namun, setelah magang, ia akhirnya melihat dan merasakan sendiri seperti apa "kerja keras" itu.

"Saya betul-betul menghormati apa yang mereka lakukan di sana. Karena untuk kali pertama saya bisa melihatnya dengan mata kepala sendiri dan bukan hanya dari layar komputer," ujar Bernard.

"Kadang saya berpikir bahwa saya harus sedikit bersenang-senang, enggak usah memaksakan diri. Saya lalu melihat industri Korea dan saya lihat bahwa kadang kau hanya perlu terus mendorong diri dan terus bekerja keras," tambahnya.

Baca juga: Bernard Dinata Bermaksud Kawinkan Gaya Bermusik Amerika dengan Asia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com