Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Sukses seperti Sekarang, Ruben Onsu Pernah Jadi Petugas Kebersihan

Kompas.com - 02/10/2018, 20:16 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Ruben Onsu berbagi kisah perjuangannya sebelum sukses menjadi selebritas dan pengusaha seperti saat ini. Dulu, kata Ruben, ia pernah bekerja sebagai petugas kebersihan sebuah tempat parkir.

"Itu perjalanan karier saya sih, saya lupa tahun 1990 berapa, apa 2000. Sempat hampir dua tahun lah saya kerja di salah satu hotel berbintang di Jakarta waktu itu," ucap Ruben saat ditemui di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (2/10/2018).

Saat itu Ruben hanya berpendapatan minim atas pekerjaannya sebagai tukang bersih-bersih.

"Rp 350.000 sebulan. Enggak ada uang makan. Bersih ya, enggak ada kotornya kalau tukang bersih-bersih enggak ada (kotornya)," ungkap Ruben.

Baca juga: Ruben Onsu Sudah Tahu Pelaku Pelempar Kotoran ke Outlet Makanannya

Ruben mengaku tak masalah mengerjakan apa saja selama pekerjaan itu masih halal.

"Ya enggak apa-apa, orang kerjanya halal. Buat saya gini loh, kan banyak orang yang bilang gampang mau bikin usaha ini itu, percayalah gue tuh pakai proses, gue nih lewatin proses," ujar dia.

Kini setelah berhasil menjadi seorang pengusaha, Ruben pun tak mau jemawa. Bagi Ruben yang terpenting saat ini adalah menciptakan lapangan kerja untuk orang banyak.

"Mudah-mudahan dari saya ini mungkin enggak bisa berbuat banyak untuk bangsa ini. Tapi yang saya bisa lakukan untuk bangsa ini adalah ingin mengurangi tingkat pengangguran, " ucapnya.

"Karena dengan mengurangi tingkat pengangguran kita juga akan mengurangi tingkat kejahatan di Indonesia khususnya," imbuh Ruben.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com