Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detroit Berupaya Bangkitkan Kejayaan Motown Records

Kompas.com - 19/11/2018, 08:52 WIB
Ati Kamil

Editor

WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Pada Januari 2019 akan diperingati 60 tahun Motown Records berdiri.

Perusahaan rekaman ini menjadi terkenal di dunia karena karakter vokal yang berbeda dan penampilan dari para bintangnya, antara lain, Michael Jackson, Diana Ross, dan Marvin Gaye.

Motown Records, yang berkantor di Detroit, Michigan, AS, ini menjadi perusahaan rekaman utama sepanjang 1960-an. Keberhasilannya berlanjut setelah pindah ke Los Angeles, California, AS, pada 1970-an.

Meski Motown Records kemudian dijual pada 1994 dan beroperasi di bawah payung organisasi lain, namanya tetap menjadi simbol penting dunia musik AS.

Baca juga: Lay EXO dan NCT 127 Terlibat Album Tribute bagi Michael Jackson

Kini, Detroit sedang berupaya memulihkan diri pasca kemunduran ekonomi selama bertahun-tahun dan mengingatkan kembali akan warisan musik kota itu.

Perpustakaan utama Detroit menyediakan ruang bagi para pemusik lokal untuk menikmati era lagu-lagu khas Motown yang sudah berumur satu abad.

"Harus ada semacam cara agar kisah dan musik Motown bisa tetap hidup di Detroit. Maksud saya, di Detroit ini musik sama pentingnya dengan mobil," kata Abdul "Duke"’ Fakir, salah satu anggota The Four Tops.

Baca juga: Michael Jackson Akan Dihadirkan di Broadway 2020

Salah satu pemimpin yang berupaya menghidupkan kembali kejayaan genre musik Motown, yang dikenal dengan paduan aliran pop dan soul, adalah musisi Joan Belgrave, janda pemain terompet terkenal Marcus Belgrave.

"Tidak ada tempat yang didedikasikan untuk genre ini. Hanya di Detroit. Jujur saja, orang sempat terkejut," ujarnya.

Baca juga: Saudara-saudara Michael Jackson Terima Kunci Kota Detroit

The Motown Museum di Detroit menampilkan foto-foto era keemasan perusahaan rekaman itu dan berencana melakukan ekspansi besar-besaran.

Beberapa jalan di kota tersebut diberi nama bintang-bintang yang dilahirkan Motown, antara lain Michael Jackson. Ada pula upaya untuk membangun industri klub malam di jantung Detroit.

Baca juga: Sergio Mendes Mengenang Michael Jackson

Salah seorang bintang terbesar yang juga dilahirkan Motown adalah Marvin Gaye.

Para penggemarnya mengatakan bahwa hingga hari ini aliran musiknya masih sama seperti ketika ia berada pada zaman keemasan 40 tahun lalu.

"Lirik musik Marvin yang lebih spiritual dan paling saya kuasai adalah 'What's Going On', 'Inner City Blues'. Ketika saya mendengarkan lagu-lagu ini sekarang, saya memikirkan semua yang terjadi di dunia, khususnya yang terjadi di negara ini sekarang. Dan, Marvin sudah membicarakan hal ini pada masa itu, dan hingga sekarang masih relevan," tutur saudara tiri Marvin Gaye, Antwaun Gay.

Baca juga: Film Detroit Angkat Peristiwa Nyata 50 Tahun Lalu Terkait Isu Rasial

Ketika Berry Gordy mendirikan Motown Records pada Januari 1959, ia tidak tahu bahwa ia sendiri akan menjadi selebritas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com