Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candra Darusman dan Andien Berkolaborasi dalam "Pengungkapan Hatimu"

Kompas.com - 29/11/2018, 19:04 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi jazz senior Candra Darusman (61) berkolaborasi dengan penyanyi solo wanita Andien Aisyah dalam singel terbarunya berjudul "Pengungkapan Hatimu".

Singel ini dibuat oleh Candra untuk mengobati kerinduannya terhadap musik, di mana sejak tahun 2001 ia mulai mengurangi intensitasnya karena mendedikasikan diri dalam WIPO (World Intellectual Property Organization), sebuah organisasi bentukan PBB yang fokus dalam urusan hak kekayaan intelektual.

Candra merasa senang mendapat kesempatan kembali menampilkan karyanya di dunia musik, apalagi berkolaborasi dengan penyanyi muda berbakat.

"Ini pertama kali (kolaborasi) sama Andien, tapi saya sudah kenal lama kita sering ketemu di masa lalu, tapi enggak pernah rekaman seperti singel ini. Jadi Alhamdulillah dapat kesempatan di acara Musica (Studio)," ucap Candra dalam jumpa pers singel "Pengungkapan Hatimu" di kawasan Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Penyanyi Muda Berkolaborasi dengan Candra Darusman di Java Jazz Festival

Dalam proses pembuatan singel ini, Candra dibantu oleh Bowo "Bowi" sebagai penata vokal dan Tohpati sebagai penata musik.

"Bowo yang yang membuat vocal instrument dan Tohpati yang membuat basic music instrument. Proses pengambilan rekaman sekitar 3-4 kali," ujar Candra.

Lagu yang bercerita tentang orang-orang dengan kehidupan yang rumit ini akan dirilis dalam album remastered Kekagumanku.

Album tersebut sebelumnya sudah pernah dirilis pada tahun 1983, lagu-lagu seperti "Kekagumanku" dan "Geneva" menjadi hits kala itu.

Menurut Candra, singel "Pengungkapan Hatimu" akan memberi penyegaran pada album solo keduanya tersebut yang akan dirilis kembali dalam bentuk vinyl atau piringan hitam.

"Kalau dirilis begitu saja, (jadi) biasa saja, ditambah satu track (singel) 'Pengungkapan Hatimu', saya akan berkolaborasi dengan Andien, (dan) menjadi bonus track (dalam album)," ungkap Candra.

Baca juga: Candra Darusman Pelopor Lagu Putus Cinta karena Perbedaan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com