Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Musik Cheverly Amalia dari Indonesia Tembus Beberapa Festival Musik Internasional

Kompas.com - 10/12/2018, 13:13 WIB
Ati Kamil

Editor

WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Video musik lagu berjudul "Cage" belum lama ini berhasil tembus ke beberapa festival film internasional 2018.

Video musik ini merupakan hasil karya Cheverly Amalia, sineas sekaligus penyanyi dan artis peran yang berasal dari Indonesia dan pindah ke Los Angeles, California, AS.

Beberapa festival film itu adalah Los Angeles Cinefest dan Hollywood Screening Film Festival di AS, Short Milan Festival di Italia, dan Bridges International Film Festival di Yunani.

"Awal mulanya juga enggak nyangka sih. Sebenarnya kan ini music video. Chevy masukinnya bukan hanya di kategori music video, tapi ke short film-nya juga," papar Cheverly Amalia, yang biasa dipanggil Chevy, kepada VOA Indonesia belum lama ini.

Baca juga: Livi Zheng Belajar Bermain Gamelan untuk Bali: Beats of Paradise

Lagu "Cage" berbahasa Inggris, dinyanyikan oleh Chevy, dan merupakan hasil kolaborasinya dengan komposer Indonesia Ferhat Bach Mario pada 2017.

Lagu tersebut merupakan soundtrack dari film yang tengah digarap oleh Chevy.

"Memang prosesnya kan satu-satu ya, karena ngerjain semuanya sendiri," kata perempuan yang lahir pada 1983 ini lalu tertawa.

Baca juga: Set Designer Teddy Setiawan Wujudkan Keglamoran untuk Film Crazy Rich Asians

Cheverly Amalia menambahkan bahwa video musik ini memang ia daftarkan ke banyak festival film internasional di Amerika, Asia, dan Eropa, termasuk festival daring di internet.

Salah satunya, Audience Award Festival. "Cage" menang pada babak final pemilihan oleh para penonton.

"Chevy memang lebih ke arah prestasi ya, kepingin banget project-project Chevy diikutkan ke festival-festival, biar dinilai sama yang udah  ahli," ujarnya.

Baca juga: Livi Zheng dan Musisi Indonesia Sukses Gelar Konser di Los Angeles

Chevy juga meraih beberapa nominasi dalam festival-festival film lainnya. Ia juga masih menunggu pengumuman dari beberapa festival lain yang juga ia ikuti.

"Yang udah dapat award ada di Los Angeles Cinefest, itu semi-finalis untuk kategori Best Music Video atau Short Film, Hollywood Screening Film Festival sebagai semi-finalis juga (untuk) Best Music Video and Female Director, Newcomers Hollywood Film Festival, saya dapat honorable mention untuk Newcomer Female Director, terus saya masuk di Bridges International Film Festival di Yunani (dapat) Best Female Director and juga music video. Itu nominasi ya," tuturnya.

Video musik "Cage" bercerita tentang kehidupan seorang perempuan yang selalu dihantui oleh hal-hal negatif, yang telah membuatnya kehilangan jati diri.

"Mentalnya dicuri, jadi lost character itu," tambahnya.

Baca juga: Joey Alexander Tak Persoalkan Dapat Penghargaan Grammy atau Tidak

Untuk penggarapan video musik ini, Cheverly Amalia mengambil tiga lokasi yang berbeda di Amerika dan bekerja sama dengan beberapa seniman asal Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com