Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Mahandini, Judul Album Baru Dewa Budjana

Kompas.com - 10/12/2018, 19:25 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris Dewa Budjana menjelaskan makna yang terkandung dalam kata Mahandini, yang menjadi judul album barunya.

Hal itu dikatakan Budjana saat jumpa pers peluncuran album Mahandini di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

"Ini sebuah permainan kata aja, kalau ini saya ambil dari kata Maha dan Nandini, jadi saya menganggap perjalanan album ini sesuai dengan katanya," ucap Budjana

Mahandini merupakan gabungan dari dua kata yaitu maha dan nandini. Maha berarti besar, dan nandini adalah kendaraan, dalam hal ini adalah sapi kendaraan Dewa Syiwa.

Baca juga: Dewa Budjana Gandeng Musisi Dunia untuk Mahandini

"Ini sebuah kendaraan, di India disebut Nandini, sapi ya kendaraan Dewa Syiwa di sana, kendaraan yang besar. Saya bertemu dengan orang-orang besar di sini," sambungnya.

Dalam album tersebut, gitaris band GIGI itu diketahui turut menggandeng musisi dunia dari beragam genre musik, seperti pemain keyboards Dream Theater Jordan Rudess, Marco Minnemann (Drums), Mohini Dey (bass, konokol), Mike Stem (guitar).

Selain itu, ada pula vokalis, gitaris yang pernah bergabung dengan Red Hot Chilli Peppers yakni John Frusciante, serta penyanyi sinden dan juga presenter Soimah Pancawati (vokal) .

Budjana berharap, album solo ke-10 nya itu bisa menjadi kendaraan yang berjalan ke semua penikmat musik di seluruh dunia.

“Semoga album Mahandini sesuai dengan namanya, kendaraan yang maha, bisa berjalan dan berpengaruh ke semua telinga yang mendengar, dan segala perbedaan suku, genre di album ini bisa jadi contoh keharmonisan manusia," imbuh Budjana.

Selain diluncurkan di Jakarta hari ini, album yang diproduseri sendiri oleh Budjana itu juga akan dirilis dalam bentuk fisik di Amerika Serikat via Moonjune records, di Jepang via King Records, di Eropa khusus Vinyl via F22 Freiland. Dan tentunya di semua digital platform.

Baca juga: Dewa Budjana Gandeng Eks Gitaris Red Hot Chili Peppers untuk Mahandini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com