Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Nindy Ayunda Jadi Korban Bullying

Kompas.com - 10/12/2018, 19:39 WIB
Andika Aditia,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Nindy Ayunda (29) pernah menjadi korban bullying ketika ia masih duduk di bangku sekolah di Jakarta.

Nindy mengatakan bahwa hal itu dialaminya sebagai murid pindahan dari sekolah lain di Padang.

"Ya, aku pernah mengalami (bullying). Aku mungkin dari daerah, dari Padang, dari kampung. Mungkin aku dikiranya dari kampung yang pelosok, tapi tiba-tiba sekolah di Jakarta," ucap Nindy ketika ditemui usai tampil dalam acara salah satu stasiun televisi swasta di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Baca juga: DJ Jevin Julian Akui Pernah Jadi Korban Bullying di SMA

Ia mengaku pernah beberapa kali menjadi bahan olok-olokan dan dijahili oleh teman-teman barunya.

"Lo bukannya dari kampung ya?’ Kayak gitu-gitu. Kayak misalkan lagi di kantin disuruh bayarin, kayak dikerjain lah. Aku pernah ngerasain," ceritanya.

Baca juga: Pernah Kena Bullying, Vidi Aldiano dan Sheryl Sheinafia Bikin Lagu

Namun, Nindy Ayunda tak tinggal diam ketika mengalami hal tersebut. Ia menunjukkan rasa tidak sukanya atas hal tidak mengenakan itu.

Kini, ungkapnya, ia mengajari anak-anaknya keberanian dan ketegasan agar tak menjadi korban bullying.

"Aku kan anaknya berani. Jadi, kalau gitu, aku bilang, ‘Ya, gue di sini juga bayar.' Ya, memang harus dari kitanya sih dan aku ngajarin anak kayak gitu," tutur ibu dua anak ini.

Baca juga: Young Lex: Bullying Itu Kayak Nyicil Emosi Buruk ke Orang, Bahaya Banget

Istri dari Askara Parasady Harsono ini mengatakan selalu menanamkan kepada anak-anaknya untuk tidak berbuat jahat kepada orang lain, tetapi, jika mendapat perlakuan tak enak, jangan pernah ragu untuk membela diri.

"Aku tanya, 'Temannya ada yang nakal enggak?' 'Enggak ada.' Sewaktu aku lagi datang ke sekolah, tiba-tiba ada yang isengin dia gitu, kayak topinya diambil, terus dia lawan," kisahnya tentang anak pertamanya.

Baca juga: Naura Alami Bullying di Media Sosial dan Sekolah

"Kenapa? Ada apa?, tapi dia enggak mau cerita, karena anak cowok kan. Terus, aku tanya gurunya, 'Oke, bagus kamu kayak gitu.' Apalagi, kita harus punya pertahanan diri sih zaman sekarang," sambungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com