Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Aniaya Member The East Light, Produser Moon Young Il Ditahan

Kompas.com - 20/12/2018, 13:30 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Soompi

KOMPAS.com -- Moon Young Il, produser yang dituduh menganiaya member boyband The East Light secara verbal dan fisik telah ditahan menjelang persidangannya.

Para member boyband bentukan Media Line Entertainment itu, termasuk Seok Cheol dan Lee Seung Hyun yang berani bersuara, kemudian dikeluarkan dari agensi.

"Pada 20 Desember, Kantor Polisi Bangbae yang sedang menyelidiki kasus Moon Young Il dan The East Light, telah menahan Moon Young Il atas tuduhan kekerasan yang luar biasa dan berulang," kata kuasa hukum Lee Seok Cheol dan perwakilan hukum Lee Seung Hyun, Jung Ji Seok, melalui pernyataan tertulis.

Sebelumnya, lanjut Ji Seok, Kantor Polisi Bangbae mengajukan surat perintah penangkapan terhadap Moon Young Il kepada Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul dan Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Setelah itu, majelis hakim mengeluarkan surat perintah penangkapan pada 14 Desember dan berlakukan pada 15 Desember.

"Kami telah memastikan bahwa Moon Young Il saat ini ditahan di penjara Kantor Polisi Seocho," ucap Ji Seok.

Ia menambahkan, Kantor Polisi Bangbae juga sedang menyelidiki CEO Kim Chang Hwan dan presiden Lee Jung Hyun dari Media Line Entertainment karena diduga menghasut dan bersekongkol melanggar hukum kesejahteraan anak.

Kim Chang Hwan, lanjut Ji Seok, telah membawa kasusnya ke kantor kejaksaan untuk didakwa, sementara Lee Jung Hyun mengajukan kasusnya diteruskan dengan tidak ada dakwaan.

"Tersangka (Moon Young Il) akan ditahan hingga 10 hari ke depan (29 Desember), jadi kami percaya bahwa dia akan dijatuhi hukuman, jika tidak ada halangan. Terima kasih," ujar Ji Seok.

Oktober 2018 lalu, muncul laporan bahwa member The East Light telah dianiaya secara verbal dan fisik oleh agensi mereka. Lee Seok Cheol dan Lee Seung Hyun mengungkapkan bahwa mereka telah dilecehkan secara verbal dan fisik oleh produser Moon Young Il selama empat tahun.

Meskipun mereka membeberkan rekaman audio dan bukti lainnya, agensi tersebut membantah tuduhan terhadap CEO Kim Chang Hwan, namun mengakui tuduhan pada Moon Young Il. Media Line sejak itu mengakhiri kontrak mereka dengan semua member The East Light.

Baca juga: Lee Seokcheol dan Lee Seunghyun dari The East Light Resmi Melapor ke Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com