Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bernostalgia dengan "Home Alone" dengan Iklan Unik Ini

Kompas.com - 20/12/2018, 15:57 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Film Home Alone (1990), memang sering dikaitkan dengan libur Natal. Kisah komedi keluarga ini bahkan sering diputar di layar televisi Indonesia selama bertahun-tahun saat libur Natal.

Untuk Natal tahun ini, raksasa teknologi Google pun kembali menghadirkan Home Alone, tetapi kali ini digunakan sebagai tema iklan untuk mempromosikan fitur Google Assistant.

Macaulay Culkin yang berperan sebagai Kevin McCalister dalam film tersebut, kini muncul kembali. Namun, Mac kini tak lagi menjadi bocah berusia 8 tahun yang ditinggalkan keluarganya libur Natal ke Perancis, melainkan bocah dewaasa berusia 38 tahun.

Meskipun secara usia berbeda, namun konsep yang digunakan oleh Google mengadopsi cerita film Home Alone. Mac Culkin tetap memerankan Kevin yang ditinggal di rumah sendirian, karena tertinggal kedua orangtuanya berlibur Natal ke Paris.

Dalam iklan berdurasi 60 detik itu, Kevin kerap menggunakan layanan Google Assistant untuk  mendapatkan jawaban dan membantunya melakukan beberapa aktivitas.

Google Assistant merupakan fitur asistensi yang dibenamkan dalam perangkat berbasis Android, yang menggunakan teknologi artificial intelligent. Pengguna bisa meminta Google Assistant untuk melakukan sesuatu dengan perintah berbasis suara.

"Hai Google, ingatkan aku untuk mencuci sprei ini nanti," kata Kevin kepada Google Assistant sembari berloncatan di atas kasurnya.

"Baik, akan kuingatkan kamu," jawab Google Assistant dengan suara seorang perempuan yang khas.

Konsep iklan ini disesuaikan dengan setting usia Kevin saat ini yang sudah menginjak 38 tahun. Ia pun langsung mengalami sakit di bagian pinggangnya setelah aktif lompat-lompat di kasur.

Selain itu, sosok dua orang pencuri yang dulu menyatroni rumah kevin, saat ini keberadaannya dapat dipantau oleh Kevin dengan menggunakan bantuan Google Assistant yang ada.

Kevin juga melewatkan hari-harinya yang sendirian tanpa pernah merasa kesepian, karena Google dapat mengerjakan apapun yang ia inginkan.

Ini termasuk menciptakan susasana hangat dengan menyalakan perapian dan memutarkan musik sebagai teman santap malamnya. Dalam film Home Alone, cara ini digunakan Kevin sebagai tipuan kepada dua maling yang menguntit, agar mengesankan dia tak tinggal sendirian.

Iklan ini seolah kembali membawa nostalgia masyarakat yang pernah menyaksikan film ini sebelumnya. Selain itu, iklan Google ini juga menyadarkan mereka bahwa pemeran anak dalam film yang hampir setiap tahun muncul di televisi ini ternyata sudah 38 tahun.

Itu berarti, waktu sudah berlalu sekian puluh tahun sejak film itu kali pertama dibuat Chris Columbus pada 1990.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com