Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timo Tjahjanto Ingin Sutradarai Film yang Angkat Kisah Pahlawan Nasional

Kompas.com - 04/01/2019, 16:12 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Timo Tjahjanto rupanya memiliki keingingan untuk menyutradarai film-film yang mengangkat kisah pahlawan nasional.

"Gua pengin angkat beberapa pahlawan nasional kita. Gua rasa ada beberapa pahlawan nasional, tapi gua enggak mau kasih tahu beberapa nama-namanya. Gua bilang ini bisa seru banget," ujar Timo saat berbincang dengan Kompas.com di sebuah tempat di Senayan City, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Keinginan Timo itu didasari kenyataan bahwa saat ini tidak banyak rumah produksi dalam negeri yang mengangkat kisah perjuangan pahlawan nasional.

Baca juga: Timo Tjahjanto: Perpisahan dengan Kimo Stamboel Berjalan Baik dan Sehat

Kalaupun diangkat ke layar lebar, kata Timo, ceritanya tidak menjelaskan bagaimana sang pahlawan berjuang membentuk negara Republik Indonesia.

"Negara kita terjadi karena pergolakan yang luar biasa. Dan itu kalau kita bisa ke level itu bahwa dulu nenek moyang kita tuh berjuangnya sampai benar-benar sudah brutal banget, itu keren sih," ucap dia.

"Kayak Ngurah Rai waktu perang Puputan Margarana aja sudah keren banget kan. Gua sampai sekarang bingung, kenapa enggak ada yang bikin ya," sambung dia.

Jika ada kesempatan, Timo mengaku tidak akan menyia-nyiakan tawaran tersebut. Menurut Timo, film-film bertema sejarah pembentukan Indonesia perlu diketahui oleh generasi anak muda saat ini.

"Harusnya anak-anak muda sekarang bisa ngerti itu menghargai, kagum, dan bersyukur bahwa negara ini terjadi karena tumpah darah yang gila-gilaan," kata dia.

Baca juga: Timo Tjahjanto Isyaratkan Film Spin-off TNCFU untuk Julie Estelle

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com