Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Skandal Boyband BIGBANG

Kompas.com - 02/03/2019, 10:27 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

KOMPAS.com - BIGBANG, boyband beranggotakan lima orang, adalah salah satu boy group terkemuka di panggung musik K-pop. Namun, sebagian besar member-nya telah dicap sebagai pembuat onar, menodai reputasi grup sebagai musisi.

Sebab, mereka beberapa kali terlibat dalam skandal. Berikut deretan skandal yang pernah menyelimuti boyband bentukan YG Entertainment tersebut:

1. Seungri

Jelang masa wajib militernya tahun ini, Seungri (29) mengalami skandal bertubi-tubi. Mulanya, klab Burning Sun di mana ia pernah menjabat sebagai direktur eksekutif, tertimpa kabar tak sedap.

Klab yang berlokasi di Gangnam, Seoul, Korea Selatan itu disebut sebagai "sarang kejahatan". Menurut laporan beberapa media, sejumlah pelanggan perempuannya diduga dibius dan diperkosa di klab. Selain itu, diduga ada pesta narkoba diadakan di sana.

Nama Seungri semakin terseret karena fotonya bersama seorang perempuan yang ditangkap karena diduga pengedar narkoba di klab tersebut, tersebar di internet.

Namun, kemudian kedua belah pihak membantah dugaan keterlibatan Seungri dengan penjelasan bahwa foto itu hanyalah bentuk penggemar yang berfoto dengan artis.

Belum selesai di situ, Seungri lalu mendapat tuduhan baru. Pada Selasa (26/2/2019), sebuah berita eksklusif dari SBS funE mengungkap transkrip percakapan di sebuah ruang obrolan. Di dalam ruang obrolan itu ada seseorang yang diduga sebagai Seungri.

Percakapan di situ menimbulkan dugaan bahwa Seungri ikut menyiapkan perempuan untuk memberi layanan seksual kepada investor bisnisnya. Seungri dan agensinya, YG Entertainment, membantah keras tuduhan itu. Mereka menyatakan transkrip percakapan itu palsu.

Pada pada Kamis (27/2/2019), Seungri menjalani tes narkoba dan dinyatakan hasilnya negatif. Ia juga diinterogasi di Kantor Polisi Metropolitan Seoul selama lebih dari delapan jam pada hari yang sama.

Namun, ini bukan pertama kalinya Seungri terlibat dalam kontroversi. Pada 2012, ia terlibat skandal seks. Sebuah media Jepang menunjukkan foto Seungri dan seorang perempuan bertelanjang dada, berbaring di tempat tidur.

Media tersebut melaporkan bahwa si perempuan yang memberikan foto itu dan mengaku dalam sebuah wawancara bahwa Seungri suka mencekik pasangannya saat berhubungan badan. YG tidak menanggapi tentang insiden itu.

Member termuda BIGBANG, Seungri, dalam sebuah acaraDok soompi.com Member termuda BIGBANG, Seungri, dalam sebuah acara
2. G-dragon

Leader BIGBANG, G-dragon, baru-baru ini menjadi berita utama karena gagal dipromosikan ke pangkat kopral, padahal ia sudah menjalani wajib militer pada Februari tahun lalu.

Biasanya, seorang tamtama mendapat kesempatan untuk menjadi kopral sekitar 10 bulan setelah mendaftar. Sebelumnya, dikabarkan bahwa G-Dragon menggunakan masa liburnya secara berlebihan sehingga tak bisa naik pangkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com