Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal dari Obrolan, Iwa K Ciptakan Lagu "Beda"

Kompas.com - 13/03/2019, 10:02 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Iwa K kembali merilis singel bertema nasionalisme yang diberi judul "Beda". Sebelumnya ia pernah merilis lagu berjudul "Indonesian With Attitude".

Dalam lagu teranyarnya ini, Iwa mengajak serta Mario Zwinkle, rapper yang dikenal sebagai roaster komunitas Hellhouse. Menurut Iwa K, lagu ini bermula dari obrolannya dengan Mario dan kawan-kawan.

"Sementara gua ada di dunia ini dari sesuatu yang berbeda. Jadi 'Beda' itu sesuatu hal yang positif. 'Beda' itu adalah bisa jadi kesempatan kita untuk saling menerima dan memberi," ucap Iwa K dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/3/2019).

"Kalau semua orang sama, apa kita bisa melakukan itu? Kenapa gua pengin kerja sama di sini karena kita punya persepsi dan awareness yang sama," ujar Iwa K.

Baca juga: Di Hadapan Penggemarnya, Iwa K Bicara soal Arti Keberagaman

Sementara Mario mengaku tak percaya dia bisa terlibat dalam singel terbaru dari seorang penyanyi rap legendaris Indonesia.

"Senang banget yang jelas. Gugup, campur aduk. Bisa berkolaborasi dengan idola saya. Pertama kali dihubungin nervous banget," ucapnya di lokasi yang sama.

Untuk semakin menguatkan kesan dan pesan yang ada dalam lagu produksi Manna Records itu, Iwa K memasukkan beberapa potongan video pidato Proklamator Indonesia sekaligus Presiden Pertama RI, yakni Soekarno.

"Alangkah banyak macam agama di sini. Alangkah banyak macam aliran pikiran di sini, alangkah banyak macam golongan di sini, alangkah banyak macam suku di sini," ucap Soekarno dalam video tersebut.

"Bagaimana mempersatukan aliran-aliran, suku-suku, agama-agama, jikalau tidak diberikan satu dasar yang mereka bersama-sama bisa berpijak di atasnya. Dan itulah, Saudara-saudara, Pancasila," ujar Soekarno lagi.

Baca juga: Iwa K Ajak Bonita untuk Bebas Bersama di Saweran Persaudaraan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com