Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kita Indonesia", Berangkat dari Kegusaran Rowman Ungu

Kompas.com - 12/04/2019, 16:16 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Kita Indonesia" menjadi salah satu singel yang tercipta dari kegusaran pemain drum Rowman Ungu akibat hawa politik di Indonesia yang kian panas.

Hal ini juga dirasakan oleh sang pencipta lagu Yanda Bebeh salah satu personel Serasi Band yang kemudian membuat lagu "Kita Indonesia".

"Ketika Rowman Ungu mengajukan lagu 'Kita Indonesia' ke Wow Musikindo maka sebuah ide tercetus kembali dengan mengkolaborasikan dengan seluruh artis Wow Musikindo, yaitu Danang, Risma Aw Aw, Andhini Rapunzel, Diana Jeanette, Fitri Duo Molek, Dylla, Rowman dan Serasi Band," demikian keterangan tertulis Wow Musikindo Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Rowman Ungu Unjuk Kebolehan Bernyanyi dalam Formasi The Secret

Awalnya lagu ini berjudul "Untuk Indonesia". Namun, agar lebih mengena dengan tujuan dari lagu ini, maka judulnya pun diubah menjadi "Kita Indonesia" dengan harapan bisa membangkitkan rasa kebangsaan bagi siapapun yang mendengarkan.

Dengan memadukan tabuhan drum dengan nuansa dangdut yang khas dan sedikit sentuhan nuansa-nuansa etnik membuat rasa lagu ini terasa dan menggetarkan rasa kesatuan dan kebangsaan. 

"Semoga lagu ini dapat menyatukan kembali rasa persaudaraan, rasa kebangsaan yang terkoyak oleh kontestasi politik ini," ujar Rowman.

Wow Musikindo memberikan kebebasan kepada Rowman untuk memproduseri singel ini dengan bekerja sama dengan Yanda Bebeh serta mempercayakan proses mixing dan mastering kepada Ismail Haryadi.

"Semoga makin jaya negeri kita, semakin erat semangat persatuan dan kesatuan, tidak terpecah belah karena kontestasi lima tahunan ini," ujar Rowman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com