Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Buku Psikologi Jadi Inspirasi di Balik Album Persona Milik BTS

Kompas.com - 20/04/2019, 12:42 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com - Map Of The Soul: Persona baru saja menempati posisi pertama di Chart Album Resmi UK Top 100. Di antara prestasi pemecahan rekor lainnya, Persona telah menjadi album BTS yang paling sukses.

Namun, ARMY--nama penggemar BTS--mungkin bertanya-tanya apa arti Map of the Soul: Persona. Sebuah artikel dari BBC mencoba mengeksplorasi makna yang lebih dalam dari Map Of The Soul.

Album tersebut ternyata menggunakan sebuah buku karya Dr Murray Stein berjudul Jung's Map Of The Soul sebagai referensi. Sejak akhir tahun lalu, buku tersebut tersedia untuk dibeli di Big Hit Shop.

Buku Jung's Map Of The Soul diakui sebagai salah satu pengantar terbaik untuk konsep psikologi analitik, seperti psikologi Jung.

Baca juga: BTS Pecahkan 3 Rekor Guinness World Records lewat Boy with Luv

Stein mengenali tema-tema dari bukunya dalam lagu-lagu BTS. Contohnya, pada "Intro: Persona", RM berbicara tentang bagaimana "pujian untuk penampilannya di panggung" mencegahnya "mengatasi kekurangan" dan "mengenal dirinya yang sejati".

"'Siapa aku?' adalah pertanyaan yang aku miliki sepanjang hidupku / Dan aku mungkin tidak akan pernah menemukan jawabannya," begitu bunyi lirik rap RM dalam "Intro: Persona".

BBC menyebut bahwa lagu-lagu dalam Map Of The Soul: Persona berputar di sekitar ide mengeksplorasi identitas.

"Mikrokosmos" berbicara tentang mendapatkan harga diri dari dalam, sementara "Jamais Vu" melihat kecenderungan manusia untuk mengulangi kesalahan yang sama berulang kali.

Dalam album tersebut ada singel berjudul "Dionysus" yang merupakan lagu terakhir dari album Persona. Lagu itu menandakan para member BTS "keluar dari perangkap persona" dan "mencapai kebangkitan".

BTS memiliki kebiasaan merilis album dalam trilogi dan menurut kolumnis Billboard, Jeff Benjamin, ini bisa menjadi awal eksplorasi BTS untuk psikologi Jung.

"Jika ‘Persona’ adalah aspek pertama dari teori Jung yang mereka jelajahi, mungkin kita akan mendapatkan Map of the Soul: Shadow, yang saya harapkan akan menjelajahi sisi-sisi gelap dari jiwa-jiwa para member BTS," tulis Jeff Benjamin.

 Baca juga: Suga Ungkap Kunci Kesuksesan BTS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com