Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastro Mulai Kurangi Penggunaan Plastik demi Masa Depan Anak Cucu

Kompas.com - 22/04/2019, 17:38 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo mengaku mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Dian, hal itu ia lakukan untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan agar masa depan anak cucunya tetap terjamin.

"Jadi kalau saya tak merubah kebiasaan saya mungkin anak cucu saya mungkin akan makan makanan yang sudah tercampur plastik," ucap Dian dalam jumpa pers Pameran Laut Kita di Mal Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Baca juga: Dian Sastrowardoyo Sukai Gaya Busana yang Tak Neko-neko

Hobi berburu kuliner yang digemari Dian, tanpa sadar perlahan membuat dirinya menyadari dampak buruk akibat penggunaan plastik yang berlebihan.

"Aku juga kulineran senang jajan, nah kalau kebiasaan itu enggak dimodifikasi, itu juga akan semakin banyak membawa plastik ke rumah," ucap Dian.

"Aku baru tahu kalau tidak semua sampah plastik itu berhasil didaur ulang, dan ternyata hanya 1 persen yang berhasil sampai ke TPA, jadi sisanya terpapar ke alam," sambungnya.

Wanita kelahiran Jakarta 37 tahun lalu ini mengatakan bahwa ia bersama teman-temannya telah melakukan beberapa aksi konkret berkait dampak buruk plastik.

Dian bersama teman-temannya mengadakan sebuah gerakan kecil-kecilan bernama Rampok Plastik.

Terbaru, Dian menggelar kegiatan tersebut saat penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan atau Car Free Day di sekitar ruas jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (21/4/2019) kemarin.

"Jadi kita bagikan 450 kantong kain kepada yang hadir di Car Free Day dan menukarnya dengan kantong plastik yang dibawa oleh masyarakat. Kita berhasil dapatkan 1.000 kantong plastik, nah kantong plastik ini kita serahkan ke Pak Felix untuk jadi seni instalasi," imbuh Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com