Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vidi Aldiano Makin Bersemangat Bisa Mengajar lewat Aplikasi

Kompas.com - 30/04/2019, 20:38 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Vidi Aldiano punya keseruan tersendiri saat mencicipi dunia pendidikan. Beberapa tahun terakhir, Vidi mulai aktif terlibat sebagai pengajar di beberapa lembaga.

Menurut pelantun "Nuansa Bening", keseruan tersebut ia rasakan lantaran mendapat pengalaman berbeda dari para pengajar lainnya, yakni mengajar dengan menggunakan aplikasi.

"Itu mengajar lewat aplikasi, aplikasi itu bisa download video-video gue mengajar di aplikasi itu, namanya Quipper," ucap Vidi saat ditemui dalam sebuah diskusi pendidikan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019).

Baca juga: Vidi Aldiano Ingin Jadi Dosen Setelah Pensiun Bermusik

Vidi mengaku menjadi sangat bergairah untuk mengajar lantaran metode yang sudah canggih dan membuat kesan sebagai pengajar sangatlah keren.

Ia merasa metode belajar mengajar yang ia lakukan lewat aplikasi tersebut sangat menarik dan mencerminkan bahwa pendidikan sebagai ujung tombak perubahan dan kemajuan.

"Enggak pakai buku kan semuanya di tablet ya, semuanya baca lagi, ternyata yang dipelajari sama anak sekarang itu lumayan advance, tapi cara penyampaian gue suka. Cara penyampaian gue enggak kayak kita mengajarkan, kaku, tapi ini pakai interaktif, pakai animasi, data-datanya tuh disampaikan menarik lah," tutur Vidi.

Vidi yang sudah setahun mengajar lewat aplikasi mengaku bahwa salah satu pelajaran yang paling ia sukai dengan menggunakan metode baru ini adalah biologi.

Vidi merasa pelajaran biologi tak lagi menjadi pelajaran yang membosankan karena menjadi lebih komunikatif lewat proses belajar mengajar melalui aplikasi.

"Yang gue senang, enggak belajar biologi formal tapi kayak lu menggabungkan itu di kehidupan sehari-hari. Misal, lu pelihara kucing tapi warnanya berbeda-beda, itu kan ada ilmunya gitu. Jadi itu yang gue suka. Pelajaran sekarang sudah mulai direlevansikan sama kehidupan sehari-hari," ucap Vidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com