Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Anji Meleleh Saat Anak Didiagnosis ASD

Kompas.com - 10/05/2019, 15:34 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi Erdian Aji Prihartanto atau Anji mengungkapkan rasa terkejutnya saat mengetahui anak bungsunya, Sigra Umar Narada, didiagnosis oleh dokter mengidap autism spectrum disorder (ASD).

Anji membagikan kisah awal saat ia mengetahui kondisi Sigra dan bagaimana perkembangannya saat ini melalui akun Instagram, @duniamanji, yang dikutip Kompas.com, Jumat (10/5/2019).

Lewat sebuah unggahan tersebut, Anji mengatakan bahwa Sigra yang lahir pada 10 April 2015 tersebut didiagnosis mengidap ASD saat berusia tiga tahun.

Baca juga: Anji: Keringat Saya Sebesar Jagung gara-gara Ulah Saga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

• [3 slides] ANAK ASD (Autism Spectrum Disorder). Itu diagnosa untuk SUN ketika dia berumur 3. Saat itu saya sedang dbekerja di luar kota. Saya lalu memandangi koleksi foto dan video @sigraumarnarada yang ada di ponsel. Hati saya meluluh. Air mata saat itu meleleh. Kenapa anak saya? . Lalu saya berpikir jernih. Mencari-cari artikel tentang ASD. Istri saya menggali banyak sekali informasi, tempat terapi dan lain-lainnya yang lalu dibagikan ke saya (terima kasih, Istri). Dan kami mendapatkan informasi bahwa SUN bisa sembuh. Kami semangat. . Sepertinya, hal pertama yang penting adalah PENERIMAAN. Banyak orang tua yang tidak mau menerima kenyataan bahwa anaknya istimewa. Setelah itu, proses penggalian informasi tentang apa yang harus dilakukan untuk si anak. Dan lain-lain. . Sekarang, saya sedang sering ajak Dede @sigraumarnarada ngobrol, bermain dan nyanyi-nyanyi. Dia suka sekali sama gitar. . #CeritaAnji #SigraAnakIstimewa #AutismSpectrumDisorder #ParENTINGgayaAnji

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on May 6, 2019 at 8:58pm PDT

"ANAK ASD (Autism Spectrum Disorder). Itu diagnosa untuk SUN ketika dia berumur 3. Saat itu saya sedang dbekerja di luar kota. Saya lalu memandangi koleksi foto dan video @sigraumarnarada yang ada di ponsel. Hati saya meluluh. Air mata saat itu meleleh. Kenapa anak saya?" tulis Anji.

Anji mencoba berpikir jernih atas cobaan yang menimpanya. Ia dan istrinya, Wina Natalia, mencari informasi mengenai ASD. Berdasarkan informasi yang ia gali, Anji menemukan fakta bahwa ASD bisa disembuhkan.

Baca juga: Anji Tuntaskan Janji kepada Lucinta Luna

"Dan kami mendapatkan informasi bahwa SUN bisa sembuh. Kami semangat. Sepertinya, hal pertama yang penting adalah PENERIMAAN. Banyak orang tua yang tidak mau menerima kenyataan bahwa anaknya istimewa. Setelah itu, proses penggalian informasi tentang apa yang harus dilakukan untuk si anak," tulis Anji.

Langkah sederhana yang dilakukan oleh Anji adalah dengan mengajak Sigra terus berinteraksi dan bermain.

"Sekarang, saya sedang sering ajak Dede @sigraumarnarada ngobrol, bermain dan nyanyi-nyanyi. Dia suka sekali sama gitar," tulis dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com