Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Musik Justin Bieber Dituding Sebabkan Sebuah Canyon di Islandia Ditutup

Kompas.com - 20/05/2019, 12:20 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

Sumber NME

KOMPAS.com - Sebuah canyon atau ngarai bernama Fjadrárgljúfur di Islandia telah ditutup dan penyanyi Justin Bieber disebut adalah salah satu penyebabnya.

Ngarai Fjadrárgljúfur Islandia dulunya adalah tujuan wisata yang tenang dan relatif tidak dikenal. Sebuah tempat di mana penduduk setempat dan sejumlah kecil wisatawan dapat mengagumi danau-danau dan bebatuan besar yang indah.

Namun, beberapa pihak beranggapan, sejak Justin Bieber merekam video musiknya yang berjudul "Ill Show You" di sana pada 2015, segala sesuatunya menjadi semakin sibuk.

"Sejak itu, lokasi tersebut telah dibanjiri oleh pengunjung dan intensitas lalu lintas pejalan kaki telah mendatangkan malapetaka pada vegetasinya yang rapuh," kata Sasha Brady dari Lonely Planet.

Setelah adanya lonjakan jumlah pengunjung yang hampir dua kali lipat antara 2017 dan 2018, yang menyebabkan kerusakan pada vegetasi lokal dan jalur yang diperburuk oleh perubahan kondisi cuaca, Badan Lingkungan Hidup Islandia membuat keputusan untuk menutup ngarai tersebut.

Baca juga: 8 Bulan Menikah, Justin Bieber dan Hailey Baldwin Masih Ingin Gelar Upacara Pernikahan

Mulanya penutupan hanya selama dua minggu pada Maret lalu, namun kemudian diperpanjang hingga 1 Juni 2019.

Kepada Associated Press, Menteri Lingkungan Hidup Islandia, Gudmundur Ingi Gudbrandsson, mengatakan bahwa terlalu sederhana untuk menyalahkan seluruh situasi itu pada Justin Bieber. Namun, ia menambahkan selebritas harus lebih memikirkan apa yang terjadi pada tempat yang mereka promosikan.

"Perilaku gegabah oleh satu orang terkenal dapat secara dramatis berdampak pada seluruh area jika massa mengikuti," ucap Gudbrandsson, baru-baru ini.

Saat ini, video musik Justin Bieber yang berjudul "Ill Show You" itu telah ditonton hampir 450 juta kali.

Baca juga: Ed Sheeran dan Justin Bieber Bertualang dengan CGI dalam Video Musik I Dont Care

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NME


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com