Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo: Meskipun Iqbaal Bintangi Film dengan 6 Juta Penonton, Saya Tak Peduli

Kompas.com - 30/07/2019, 15:17 WIB
Andika Aditia,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pekan lagi film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama akan tayang di seluruh bioskop Indonesia, pada 15 Agustus 2019.

Film ini disambut antusias para penikmat film sekaligus penggemar karya Pramoedya.

Demi menjawab antusiasme tersebut, Hanung Bramantyo selaku sutradara memberikan standar ketat kepada para pemainnya.

Baca juga: Takut Dipenjara, Iwan Fals Sembunyi-sembunyi Baca Novel Bumi Manusia

Salah satunya dengan mewajibkan para pemain sudah selesai membaca novel Bumi Manusia yang merupakan bagian pertama dari roman tetralogi Pulau Buru tersebut.

"Jadi saya bukan cuma kasting terus cocok dan main, tetapi semua yang terlibat wajib sudah membaca novel Bumi Manusia, itu syaratnya," ujar Hanung saat berkunjung ke Kompas.com, baru-baru ini.

Menurut Hanung, syarat tersebut agar para pemain memahami betul alur cerita dan tokoh dari novel yang mengantar Pram menjadi finalis nobel sastra.

Baca juga: Alasan Hanung Pilih Bryan Domani Jadi Jan Dapperste di Bumi Manusia

Apalagi, ia tak mau mengecewakan para penggemar yang menanti kehadiran film syarat nuansa nasionalisme pada awal abad 20.

"Saya enggak mau ada missed kecil hanya karena para pemain belum membaca novel yang saya rasa sangat bagus ini," ujarnya.

Bahkan, kata Hanung, ia juga menerapkan hal itu kepada Iqbaal Ramadhan yang berperan sebagai Minke, salah satu tokoh kunci novel ini.

Baca juga: Durasi Bumi Manusia Bakal Selama Avengers: Endgame, Ini Kata Hanung

"Iqbaal pun demikian, meskipun dia sudah membintangi film dengan enam juta penonton, saya tak peduli, semua wajib sudah baca," kata Hanung.  

Beberapa nama terlibat seperti Iqbaal Ramadhan (Minke), Mawar Eva de Jongh (Annelies), Jerome Kurniawan (Robert Suurhof), Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), Bryan Domani (Jan Dapperste alias Panji Darman) dan lainnya.

Selain itu, film Bumi Manusia juga akan tayang berbarengan dengan film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya lainnya, yakni Perburuan yang dibintangi Adipati Dolken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com