Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jazz Mben Senen Bawa TranceposT dari Bandung ke Yogyakarta

Kompas.com - 12/08/2019, 11:58 WIB
Ati Kamil

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Panggung Jazz Mben Senen kali ini di Bentara Budaya Yogyakarta, Senin (12/8/2019) mulai pukul 20.00 WIB, akan diisi oleh band TranceposT.

TranceposT lahir pada 9 September 2004 di Bandung.

Grup musik trance, folk, dan pop alternatif ini kini terdiri dari Lukman "Tesmen" (vokal), Dwi "Iting"(vokal latar), Farhan "Abas" (gitar akustik), Auliya "Oya" (gitar elektrik), Andika "Abah" (bas), Alief "Alip" Suardi (violin 1), Reza Rizki (violin 2), dan Arief "Gejos" (drum).

Baca juga: Mengenal Ilan Bluestone, DJ yang Jatuh Cinta pada Musik Trance

Dinyatakan oleh pihak TranceposT, kata trance pada nama band tersebut tidak mewakili hal negatif, tetapi hal positif.

Baca juga: Kabar Burung dan Jono Terbakar Naik Panggung Jazz Mben Senen

"Ketika kami menikmati musik secara ikhlas, di sana lah trance itu terlahir. Dengan kata lain, ketika kami melakukan trance dalam bermusik, di sana lah letak positif tersebut, karena ketika proses itu dilakukan dengan keikhlasan, kita dapat menghasilkan musik yang bersifat trance positif," tulis pihak TranceposT dalam rilis mereka.

"TranceposT di sini bukanlah penamaan atau pengkategorian musik tertentu, melainkan adalah penyikapan atas ketertarikan kami perihal anugerah Tuhan dalam bahasa alam, karena alam selalu ikhlas dalam berbahasa, dan musik tidak lahir sejalan dengan kehidupan manusia," lanjut pihak yang sama.

"Musik lahir dari alam dan direspons oleh manusia itu sendiri. Ia dijadikan sebagai tembang indah untuk menemani perjalanan sekaligus menjadi petunjuk terhadap kejujuran dari apa yang ia rasakan," tulis pihak yang sama lagi.

Baca juga: Penyanyi Jazz Amelia Ong Bawa Mentari ke Bentara Budaya Yogyakarta

Jazz Mben Senen diadakan di Bentara Budaya Yogyakarta setiap Senin malam atas kerja sama Komunikas Jazz Jogja dengan Bentara Budaya Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com